KAJIAN PUTUSAN NO 67/PID.SUS/2021/PT BJM YANG MEMBATALKAN PUTUSAN NO 5/PID.SUS/2021/PN AMT KARENA DAKWAAN BATAL DEMI HUKUM (NULL AND VOID)”

Randi, Agustinda and Agusalim, Agusalim and Ria, Anggraeni Utami (2023) KAJIAN PUTUSAN NO 67/PID.SUS/2021/PT BJM YANG MEMBATALKAN PUTUSAN NO 5/PID.SUS/2021/PN AMT KARENA DAKWAAN BATAL DEMI HUKUM (NULL AND VOID)”. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
FULL SKRIPSI terbaruu-compressed - randi agustinda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (758kB)

Abstract

Putusan hakim merupakan “akhir” dari pemeriksaan perkara pidana dalam keseluruhan proses peradilan pidana. Dalam putusan hakim diharapkan akan ditemukan pencerminan nilai-nilai keadilan dan kebenaran hakiki. Namun pada kenyataannya masih ditemukan putusan-putusan hakim yang belum mencerminkan nilai-nilai keadilan. Seperti dalam putusan Pengadilan Tinggi Banjarmasin Nomor 67/PID.SUS/2021/PT BJM. hanya mengedepankan hukum acara tanpa mempertimbangkan sisi keadilannya. Berdasarkan isu hukum tersebut, permasalahan kajian putusan ini adalah dasar pertimbangan putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi Banjarmasin Nomor 67/PID.SUS/2021/PT BJM membatalkan putusan Pengadilan Negeri Amuntai Nomor 5/Pid.Sus/2021/PN. AMT. Konsekuensi yuridis terhadap status Terdakwa setelah putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi Banjarmasin Nomor 67/PID.SUS/2021/PT BJM membatalkan putusan Pengadilan Negeri Amuntai Nomor 5/Pid.Sus/2021/PN. AMT. Serta keadilan bagi korban dan terdakwa dalam Putusan Pengadilan Tinggi Banjarmasin Nomor: 67/PID.SUS/2021/PT BJM. Untuk memperoleh data penelitian, digunakan metode penelitian Normatif. Data sekunder yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara juridis kualitatif dengan menggunakan metode pola pikir deduktif (bertolak dari hal-hal yang umum ke khusus). Hasil analisis dipaparkan secara naratif (uraian) untuk menjawab permasalahan yang dikaji. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dasar pertimbangan hakim dalam Putusan Nomor: 67/PID.SUS/2021/PT BJM adalah karena dakwaan subsidair Jaksa Penuntut Umum tidak memenuhi syarat cermat dan lengkap suatu surat dakwaan sehingga dakwaan Subsidair Penuntut Umum menjadi batal demi hukum. konsekuensi yuridis terhadap Status terdakwa setelah putusan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Banjarmasin Nomor: 67/PID.SUS/2021/PT BJM Terdakwa dikeluarkan dari tahanan dan dibebaskan kembali oleh jaksa penuntut umum atas perintah majelis hakim pengadilan tinggi Banjarmasin. Putusan Pengadilan Tinggi Banjarmasin Nomor 67/PID.SUS/2021/PT BJM belum mencerminkan keadilan bagi korban tetapi sudah mencerminkan keadilan dari perspektif terdakwa. kata kunci : putusan hakim, dakwaan, batal demi hukum, keadilan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 10 Jul 2024 05:32
Last Modified: 10 Jul 2024 05:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18882

Actions (login required)

View Item View Item