MENGATASI MULTIKOLINIERITAS DENGAN METODE LEAST ABSOLUTE SHRINKAGE SELECTION OPERATOR (LASSO) PADA REGRESI LOGISTIK BINER DI PROVINSI JAWA TIMUR DAN JAWA TENGAH TAHUN 2021

TRI, JUNITA LASARI and Sigit, Nugroho and Dyah, Setyo Rini (2023) MENGATASI MULTIKOLINIERITAS DENGAN METODE LEAST ABSOLUTE SHRINKAGE SELECTION OPERATOR (LASSO) PADA REGRESI LOGISTIK BINER DI PROVINSI JAWA TIMUR DAN JAWA TENGAH TAHUN 2021. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
TRI JUNITA LASARI F1F018017 - Tri Junita Lasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah mendasar yang kerap muncul di negara�negara yang sedang berkembang termasuk Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat persentase penduduk miskin di Indonesia bertambah setiap tahun, maka dari itu tujuan dari penelitian ini yakni mengatasi permasalahan kemiskinan serta mengetahui faktor-faktor penyebabnya dengan menggunakan metode regresi logistik biner. Apabila variabel yang digunakan terdapat multikolinieritas maka salah satu metode yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah ini adalah Least Absolute Shrinkage Selection Operator (LASSO). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data persentase penduduk miskin dan faktor-faktor yang diduga mempengaruhinya, data tersebut diperoleh dari data Badan Pusat Statistik (BPS) per-kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Jawa Tengah tahun 2021. Identifikasi awal menyatakan bahwa data memiliki multikolinieritas, oleh karena itu penelitian ini tepat jika menggunakan LASSO dimana metode ini dapat menyusutkan penduga parameter yang berkorelsi menjadi mendekati nol atau menjadi nol. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode LASSO memiliki persentase ketepatan klasifikasi sebesar 68.4103% untuk Provinsi Jawa Timur dan memiliki persentase ketepatan klasifikasi sebesar 82.8572% untuk Provinsi Jawa Tengah. Faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi persentase tingkat kemiskinan kabupaten/kota di Jawa Timur adalah rata-rata lama sekolah dan tingkat pengangguran terbuka sedangkan faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi persentase tingkat kemiskinan kabupaten/kota Jawa Tengah pada tahun 2021 adalah angka harapan hidup dan tingkat pengangguran terbuka . Kata kunci: Kemiskinan, Multikolinieritas, Least Absolute Shrinkage Selection Operator (LASSO), Regresi Logistik Biner.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:01
Last Modified: 10 Jul 2024 08:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18892

Actions (login required)

View Item View Item