PENGARUH PEMBERIAN SEKAM DAN LIMBAH SAYUR SAWI SEBAGAI CAMPURAN MEDIA PAKAN TERHADAP KUALITAS KASCING CACING TANAH (Pheretima Sp)

Muhammad, Ikhsan Naparas Nasution and Sutriyono, Sutriyono and Bieng, Brata (2022) PENGARUH PEMBERIAN SEKAM DAN LIMBAH SAYUR SAWI SEBAGAI CAMPURAN MEDIA PAKAN TERHADAP KUALITAS KASCING CACING TANAH (Pheretima Sp). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_MUHAMMAD IKHSAN NAPARAS NASUTION .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Cacing tanah dikenal sebagai dekomposer tanah sehingga tanah menjadi subur dan banyak dimanfaatkan oleh petani. Disebut cacing tanah (Earthworm) karena hewan ini menghabiskan sebagian besar hidupnya di tanah. Cacing tanah merupakan hewan tingkat rendah yang tidak memiliki tulang belakang (Invertebrata) dan bertubuh lunak. Cacing tanah digolongkan ke dalam filum Annelida karena seluruh tubuhnya tersusun atas beberapa segmen (ruas) yang berbentuk seperti cincin (Khairuman dan Khairul, 2009). Pemberian media feses dan sayuran limbah pasar sayur sawi akan memberi pengaruh terhadap reproduksi, peningkatan pertumbuhan dan kualitas cacing tanah pheretima sp. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan (April - Juni 2019) di Pondokan Dilla, Unib Belakang, Kelurahan Kandang Limun Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu dan Laboratorium Peternakan Universitas Bengkulu. Variabel penelitian yang diamati pada penelitian ini yaitu biomassa cacing tanah (Pheretima sp), kualitas vermikompos (tekstur,warna dan bau) kandungan hara pada vermikompos dan susut media. Metode yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan masing-masing ulangan menggunakan 10 ekor cacing tanah (Pheretima sp) umur 2-3 hari. Perlakuan yang diuji adalah P0 50% feses sapi + 50% Sekam padi, P1 45% feses sapi + 50% Sekam padi + 5% sawi, P2 40% feses sapi + 50% Sekam padi + 10% sawi dan P3 35% Feses sapi + 50% sekam padi + 15% sawi. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) dan apabila ada perbedaan nyata dilanjutkan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian media dengan imbangan 50% sekam padi + feses sapi 35% + limbah sayur sawi 15% memberikan dampak yang lebih baik daripada perlakuan lainnya dalam kualitas vermikompos, peningkatan biomassa dan kandungan hara pada kompos. Serta tidak memberikan dampak terhadap penyusutan sarang cacing tanah (Pheretima sp). (Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu) Kata Kunci : Cacing tanah, sayur sawi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:52
Last Modified: 11 Jul 2024 02:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18910

Actions (login required)

View Item View Item