IMPLIKASI HUKUM PERBEDAAN HASIL VISUM ET REPERTUM TERHADAP SATU OBJEK PEMERIKSAAN DALAM PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DI INDONESIA

EBEN, EZER and Herlambang, Herlambang and Benget, H.Simatupang (2023) IMPLIKASI HUKUM PERBEDAAN HASIL VISUM ET REPERTUM TERHADAP SATU OBJEK PEMERIKSAAN DALAM PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Full (EBEN EZER-B1A019251) - Ebenezer Agara.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Perbedaan Visum Et Repertum terhadap satu objek pemeriksaan, dapat menimbulkan implikasi hukum dalam pembuktian tindak pidana pembunuhan di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kedudukan Visum Et Repertum dan implikasi hukum perbedaan Visum Et Repertum terhadap satu objek pemeriksaan dalam pembuktian tindak pidana pembunuhan di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian normatif yang menggunakan pendekatan peraturan perundang-undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan analisis. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Visum Et Repertum di dalam pembuktian tindak pidana pembunuhan di Indonesia sebagai alat bukti yang sah yang digolongkan sebagai alat bukti surat dalam Pasal 187 huruf c Undang-Undang No. 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana, serta praktiknya di pemeriksaan persidangan Visum Et Repertum dapat juga menjadi alat bukti keterangan ahli dalam Pasal 186 a quo. Perbedaan hasil Visum Et Repertum terhadap satu objek pemeriksaan dapat berimplikasi hukum terhadap keyakinan majelis hakim di dalam memilih atau menggunakan hasil Visum Et Repertum mana yang paling relevan dengan perkara dan dapat menerangkan bahwa telah terjadi suatu tindak pidana, serta terdakwalah pelakunya, serta Visum Et Repertum menjadi alat bukti keterangan ahli, pemeriksaan ulang atau penelitian ulang Visum Et Repertum, teridentifikasinya pelaku dan penentuan hukuman serta implikasi hukumnya terhadap etik dan disiplin profesi dokter forensik. Kata kunci : Visum Et Repertum, Tindak Pidana Pembunuhan, Pembuktian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:59
Last Modified: 12 Jul 2024 01:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18935

Actions (login required)

View Item View Item