ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN NO. 7/PDT. P/2022/PA.MKM TENTANG PERMOHONAN PENGAJUAN DISPENSASI KAWIN DI PENGADILAN AGAMA MUKOMUKO

Anggella, Suryani Hutapea and Sirman, Dahwal and Ahmad, Muslih (2023) ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN NO. 7/PDT. P/2022/PA.MKM TENTANG PERMOHONAN PENGAJUAN DISPENSASI KAWIN DI PENGADILAN AGAMA MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI FULL ANGGELLA - Anggella Hutapea.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji Putusan Nomor 7/Pdt.P/2022/PA.Mkm Tentang Permohonan Pengajuan Dispensasi Kawin Di Pengadilan Agama Mukomuko. Tujuan penelitian yaitu untuk: 1) Menganalisis pertimbangan hakim dalam Putusan Nomor 7/Pdt.P/2022/PA.Mkm dan kesesuaiannya dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin, dan 2) Menjelaskan mengapa dalam acara permohonan dispensasi kawin harus diajukan oleh orang tua. Jenis penelitian ini merupakan penelitian normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu: 1) Adanya ketidaksesuaian antara Putusan Nomor 7/Pdt.P/2022/PA.Mkm dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin. Majelis hakim dalam pertimbangan hukum menggunakan Pasal 6 (1) Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019 tanpa ikut mempertimbangkan Pasal 6 (5) dalam peraturan yang sama terkait dengan pihak yang dapat mengajukan permohonan dispensasi kawin. 2) Kehadiran orang tua dalam persidangan dispensasi kawin sangat penting. Orang tua memiliki kewajiban dan peran dalam menemani anak dalam pengajuan dispensasi kawin, karena pernikahan dibawah umur memiliki resiko yang harus diberitahukan ke anak juga kepada orang tua. Kata Kunci : Analisis, Putusan, Dispensasi Kawin.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 12 Jul 2024 02:04
Last Modified: 12 Jul 2024 02:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18937

Actions (login required)

View Item View Item