KONTRIBUSI FAKTOR INTERNAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PJOK DI SMP NEGERI 12 KABUPATEN REJANG LEBONG

Fadillah, Fuad and Tono, Sugihartono and Defliyanto, Defliyanto (2022) KONTRIBUSI FAKTOR INTERNAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PJOK DI SMP NEGERI 12 KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsiJADI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan suatu proses seseorang sebagai individu maupun anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh kemampuan dan keterampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, dan pembentukan watak. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui hubungan faktor internal siwa dengan hasil belajar PJOK di SMP Negeri 12 Kabupaten Rejang Lebong. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. suatu penelitian yang dirancang untuk menentukan tingkat hubungan variabel-variabel dalam suatu populasi yang bertujuan untuk mengetahui berapa besar kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat serta besarnya kaitan hubungan yang terjadi. Dalam pemilihan informan peneliti menggunakan teknikpurposivesampling. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan angket.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 12 Kabupaten Rejang Lebong dari kelas VII-IX. sampel hanya siswa kelas VIII berjumlah 31 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:ttabel kecil daripada thitung dimana 1.69552< 9,571 berarti ada hubungan faktor internal siwa dengan hasil belajar PJOK di SMP Negeri 12 Kabupaten Rejang Lebong. Kontribusi kekuatan hubungan yaitu K = r2 x 100% = (0,872)2 x 100% = 67,1%. Jadi, dapat disimpulkan kontribusi faktor internalFaktor internal yaitu sejauh mana faktor fisiologis dan psikologis siswa dalam rangka membantu pencapaian hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan siswa dengan hasil belajar PJOK di SMP Negeri 12 Kabupaten Rejang Lebong adalah sebesar 67,1%.. Kata Kunci : Kontribusi, Faktor Internal, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:04
Last Modified: 15 Jul 2024 02:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18967

Actions (login required)

View Item View Item