ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PELANGGAN DI BIDANG TRANSAKSI ENERGI (TE) PADA PT. PLN (PERSERO) RAYON NUSA INDAH KOTA BENGKULU

JAMESTA, EVAN and Budiyono, Budiyono and Yorry, Hardayani (2019) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PELANGGAN DI BIDANG TRANSAKSI ENERGI (TE) PADA PT. PLN (PERSERO) RAYON NUSA INDAH KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
PDF Skripsi Evan.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

PT. PLN merupakan BUMN yang memberikan pelayanan dan penyaluran di bidang kelistrikan kepada masyarakat. Secara umum pelayanan PT. PLN terdiri dari pelayanan administrasi, pelayanan teknik, dan pelayanan transaksi energi (TE). Pelayanan PT. PLN Rayon Nusa Indah Bengkulu melaksanakan tugas pelayanan PT. PLN yang membawahi kecamatan Gading Cempaka, Selebar, Ratu Agung dan Kampung melayu. Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas pelayanan administrasi pelanggan pada dua jenis pelayanan transaksi energi yakni pelayanan administrasi pemeliharaan alat pembatas pengukur (KWH) (pelayanan pengaduan gangguan) dan pelayanan administrasi pemasangan api pesta atau penyambungan sementara. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada analisis pelayanan pelanggan dibidang pelayanan transaksi energi (TE) PT. PLN (Persero) Rayon Nusa Indah Kota Bengkulu yang terdiri pelayanan administrasi pemeliharaan alat pembatas pengukur (KWH) (pelayanan pengaduan gangguan) dan pelayanan administrasi pemasangan api pesta atau penyambungan sementara.Aspek-aspek yang diteliti meliputi bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara sebagai sumber data utama penelitian. Wawancara dilakukan dengan 9 orang, yang terdiri dari 5 orang pegawai PT. PLN Rayon Nusah Indah dan 5 orang pelanggan. Metode analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelayanan pada tiap aspek: bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy), pelaksanaan pelayanan TE yang dilakukan oleh PT. PLN Rayon Nusa Indah telah dilaksanakan dengan baik oleh pegawai PT. PLN.Prioritas utama adalah prioritas yang harus dilakukan untuk meningkatkan kepuasan konsumen, seperti kemampuan memberikan informasi, kemampuan menyelesaikan masalah, dan kemampuan memberikan pelayanan dengan sabar dan rendah hati. Saran-saran yang dapat diberikan berkaitan dengan pelayanan adalah: (1) Strategi pemasaran jangka pendek dapat diterapkan yakni dengan meningkatkan kepuasan konsumen (pelanggan) melalui peningkatan kemampuan memberikan informasi, kemampuan menyelesaikan masalah, dan kemampuan memberikan pelayanan dengan sabar dan rendah hati dan (2) PT PLN (Persero) Rayon Nusa Indah Bengkulu tidak perlu lagi meningkatkan kualitas pelayanan seperti penyediaan lapangan parkir karena saat ini lapangan parkir yang ada sudah representative, penampilan karyawan sudah baik, dan prosedur pelayanan sudah dilakukan sesuai standar perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 12 Aug 2019 08:21
Last Modified: 12 Aug 2019 08:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18968

Actions (login required)

View Item View Item