ANALISIS KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN BAHASA INDONESIA SELAMA PEMBELAJARAN DARING KELAS IV SDN 10 IMIGRASI PERMU KABUPATEN KEPAHIANG

Nugraha, Alamsyah Yudha and Abdul, Muktadir and Pebrian, Tarmizi (2022) ANALISIS KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN BAHASA INDONESIA SELAMA PEMBELAJARAN DARING KELAS IV SDN 10 IMIGRASI PERMU KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Alamsyah Yudha Nugraha A1G015061 [SKRIPSI].pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah analisis kerja sama guru dan orang tua dalam pengelolaan pembelajaran tematik bermuatan Bahasa Indonesia selama pembelajaran daring kelas IV SDN 10 Imigrasi Permu Kabupaten Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang menjadi sasaran dalam penelitian ini khususnya adalah orang tua, guru kelas IV dan siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 10 Kepahiang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Guru berusaha mengembangkan RPP Bahasa Indonensia secara daring yang memungkinkan untuk dilaksanakan di masa Pandemi Covid- 19; media yang digunakan guru bermacam-macam, seperti: benda konkret, video pembelajaran, gambar, dan poster. Pelaksanaan pembelajaran daring dilihat dari kesiapan mental dan konsistensi dalam mengajar kreatif dan inovatif; dan kesiapan fisik berupa perangkat pembelajaran; metode yang digunakan guru dalam pembelajaran daring adalah metode kombinasi dengan tatap muka daring dengan penugasan. Guru mengontrol/memantau kegiatan pembelajaran, guru sudah melaksanakan tugasnya dalam mengontrol/memantau proses pembelajaran siswa. Kontrol/pemantauan tersebut dilakukan baik secara daring maupun luring. Kontrol daring dilakukan melalui Zoom Meeting dan WhatsApp, sedangkan kontrol luring dilakukan dengan memanggil siswa ke sekolah. Kerja sama antara guru dan orang tua, dapat terwujud dalam tiga indikator yaitu: Dalam kegiatan mengenai parenting, orang tua/wali siswa cenderung kurang aktif melibatkan diri hal ini terlihat dari hanya 40% orang tua yang menghadiri acara yang diadakan oleh sekolah. Orang tua/wali siswa relative mendukung keterlaksanaan acara, akan tetapi hanya sebagian kecil yang ikut terlibat aktif dalam acara. Hal ini karena kesibukan pekerjaan orang tua/wali. Komunikasi baik formal maupun non formal telah dibangun orang guru dan orang tua/wali untuk kelancaran belajar siswa. Berbanding terbalik untuk tingkat keterlibatan orang tua menjadi volunteer cenderung rendah. Kata kunci: Kerja Sama, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:20
Last Modified: 15 Jul 2024 08:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18987

Actions (login required)

View Item View Item