DESKRIPSI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 61 KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Candra, Elgi Tri and Resnani, Resnani and Nani, Yuliantini (2022) DESKRIPSI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 61 KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Elgi Tri Candra (A1G018110).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan serta kualitas media video youtube pada pembelajaran Tematik Kelas V di SDN 61 Kabupaten Bengkulu Tengah. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN 61 Kabupaten Bengkulu Tengah. Subyek penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas V SDN 61 Kabupaten Bengkulu Tengah. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dengan bantuan pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa pada penggunaan media video youtube oleh guru di SDN 61 Kabupaten Bengkulu Tengah, belum mengikuti langkah-langkah pembelajaran menggunakan media video youtube yang benar, yaitu dari kedelapan langkah-langkah diantaranya persiapan materi, persiapan kelas, mempersiapkan diri, membangkitkan kesiapan siswa, mendengar dan melihat materi audio-visual, diskusi, tanya jawab dan kegiatan akhir, guru tidak melaksanakan kegiatan mempersiapkan kelas dan membangkitkan kesiapan siswa serta dalam pemilihan media video youtube sebagai media pembelajaran guru belum memperhatikan keenam aspek dalam pemilihan media video youtube sebagai media pembelajaran, karena dari keenam aspek yang harus diperhatikan dalam pemilihan media video youtube sebagai media pembelajaran yaitu aspek isi (materi), aspek kemanfaatan, aspek tampilan, aspek bahasa, aspek audio, dan aspek waktu masih ada video youtube yang digunakan sebagai media pembelajaran yang belum memenuhi aspek isi (materi) dan aspek tampilan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video youtube pada pembelajaran Tematik Kelas V di SDN 61 Kabupaten Bengkulu Tengah belum berpedoman pada langkah-langkah yang benar serta kualitas media video youtube yang digunakan sebagai media pembelajaran belum memenuhi keenam aspek dalam pemilihan media video youtube sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Youtube, Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:09
Last Modified: 16 Jul 2024 04:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18994

Actions (login required)

View Item View Item