i PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 62 LEBONG

Riskyana, Gita and Dalifa, Dalifa and Feri, Noperman (2022) i PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 62 LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Gita Riskyana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media interaktif dengan model Discovery Learning dalam pembelajaran tematik, mendeskripsikan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dengan media interaktif menggunakan model Discovery Learning dalam pembelajaran di kelas VI SDN 62 Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas VI SDN 62 Lebong. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes evaluasi. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria sedangkan analisis data tes menggunakan rumus mencari nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar. Penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan media interaktif berjalan dengan lancar dan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dibuktikan dengan hasil penelitian menunjukkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada siklus I berpredikat baik (B) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan predikat sangat baik (SB). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa pembelajaran dengan media interaktif dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas VI SDN 62 Lebong. KATA KUNCI: Pembelajaran Tematik dengan Media Interaktif, Keaktifan Belajar Peserta didik, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:03
Last Modified: 16 Jul 2024 08:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18996

Actions (login required)

View Item View Item