STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER JIWA NASIONALISME PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI 71 KOTA BENGKULU

Simbolon, Hironima Sriyani and Herman, Lusa and Pebrian, Tarmizi (2022) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER JIWA NASIONALISME PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI 71 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
P UNIBbbb.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembentukan karakter jiwa nasionalisme di SD Negeri 71 Kota Bengkulu. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. subjek pada penelitian ini adalah guru, siswa dan kepala sekolah. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode obesevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru sudah cukup baik dalam membentuk karakter nasionalisme peserta didik disekolah. hal ini ditunjukan melalui 3 cara yang guru gunakan dalam membimbing peserta didik untuk membentuk karakter Nasionalisme, yaitu guru sebagai teladan, guru sebagai inspirator dan guru sebagai motivator, hal ini ditunjukan guru melalui kegiatan rutin yang dilakukan sehari-hari disekolah yaitu saat upacara bendera, menyanyikan lagu wajib dan nasional, serta menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. guru terlihat memberikan contoh sikap dan berperilaku yang baik saat berada disekolah. hal ini didukung saat kegiatan upacara yang dilakukan setiap hari senin, guru terlihat membantu melatih dan membimbing peserta didik sebagai petugas upacara, pada saat upacara berlangsung, guru juga menunjukan sikap tertibnya selama upacara berlangsung, pada saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, guru juga terlihat bersemangat dan menghayati lagu yang dinyanyikan bersama. saat berkomunikasi, tegur sapa, dan salam guru terlihat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika berhadapan dengan sesama guru dan peserta didik. hal ini dilakukan oleh guru guna membiasakan peserta didik untuk membentuk karakter diri yang memiliki sikap jiwa nasionalisme yang tinggi. hasilpenelitian ini menunjukan bahwa, guru telah menunjukan bahwa guru dan kepala sekolah telah menujukan sikap dan tingkah yang mendukung pembentukan karakter jiwa nasionalisme kepada peserta didik melalui perannya sebagai teladan, inspirator, dam motivator. Kata Kunci : Peran guru, pembentukan, karakter, nasionalisme

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:29
Last Modified: 16 Jul 2024 08:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18997

Actions (login required)

View Item View Item