PENGARUH PENYETELAN VALVE OIL GUTTER DIGESTER TERHADAP TEKANAN PADA SCREW PRESS, BROKEN NUT DAN OIL LOSSES FIBER FROM PRESS CAKE (Studi Kasus di PT Kencana Katara Kewala)

Betty, W Situmorang and Meizul, Zuki and Budiyanto, Budiyanto (2022) PENGARUH PENYETELAN VALVE OIL GUTTER DIGESTER TERHADAP TEKANAN PADA SCREW PRESS, BROKEN NUT DAN OIL LOSSES FIBER FROM PRESS CAKE (Studi Kasus di PT Kencana Katara Kewala). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI BETTY W SITUMORANG.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan data BPS Provinsi Bengkulu (2019), tercatat bahwa luas lahan perkebunan kelapa sawit di Provinsi Bengkulu mencapai 186,6 ribu hektar atau 46,95% dari luas tanaman perkebunan rakyat. PT. Kencana Katara Kewala merupakan salah satu pabrik yang mengolah kelapa sawit di daerah Provinsi Bengkulu dengan kapasitas pengolahan 30 ton/jam. Rata-rata oil losses fiber from press cake (5%) dan broken nut (15%) di PT Kencana Katara Kewala masih melewati standar yang ditetapkan oleh perusahan. Ada berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya oil losses dan broken nut tersebut salah satunya adalah tekanan screw press yang tidak tepat. Penelitian ini menggunakan metode survey observasi dengan data yang diperlukan adalah data sekunder dan data primer. Metode pengumpulan data sekunder dilakukan dengan cara studi pendahuluan, observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data kapabilitas proses, data oil losses dan broken nut periode Oktober-Desember 2021. Metode pengumpulan data primer menggunakan metode percobaan dengan RAL untuk mengetahui pengaruh penyetelan valve terhadap tekanan pada screw press, broken nut, oil losses fiber on press cake, observasi dan dokumentasi. Tahapan penelitian dimulai mencari kapabilitas proses perusahaan dan penyebab terjadinya oil losses dan broken nut, lalu melakukan percobaan penyetelan valve. Data hasil pengujian dianalisis menggunakan metode Analysis of Variance (ANOVA) dan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh penyetelan valve oil gutter digester terhadap ampere screw press berbanding lurus, semakin besar penyetelan valve oil gutter digester semakin tinggi ampere screw press. Pengaruh penyetelan valve oil gutter digester terhadap oil losses fiber from press cake dan broken nut berpengaruh nyata. Semakin besar penyetelan valve oil gutter digester akan mengakibatkan peningkatan broken nut tetapi dapat menurunkan oil losses dan sebaliknya. Upaya yang dapat digunakan dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan cara, rutin melakukan penyetelan pada valve oil gutter digester dan pengecekan terhadap control panel screw press untuk melihat tekanan yang digunakan saat pengolahan sesuai dengan standar atau tidak

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:35
Last Modified: 17 Jul 2024 03:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19002

Actions (login required)

View Item View Item