ANALISIS GANTI KERUGIAN YANG LAYAK BAGI WARGA TERDAMPAK PEMBEBASAN HAK ATAS TANAH DALAM PEMBANGUNAN JALAN TOL TRANS-SUMATERA (Studi Kasus di Desa Jumat dan Desa Sukarami Kabupaten Bengkulu Tengah)

Dian, Putri Lestari and Emilia, Kontesa and Hamdani, Ma’akir (2023) ANALISIS GANTI KERUGIAN YANG LAYAK BAGI WARGA TERDAMPAK PEMBEBASAN HAK ATAS TANAH DALAM PEMBANGUNAN JALAN TOL TRANS-SUMATERA (Studi Kasus di Desa Jumat dan Desa Sukarami Kabupaten Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - DIAN PUTRI LESTARI (B1A019196) - dian putri lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tanah dapat digunakan sebagai tempat untuk mencapai kesejahteraan hidup bangsa seperti untuk memperoleh tempat tinggal dan melakukan kegiatan ekonomi untuk mencukupi kebutuhan masing-masing masyarakat. Penelitian mengenai analisis ganti kerugian bagi warga terdampak pembebasan ha katas tanah dalam pembangunan jalan tol trans-sumatera bertujuan: 1) untuk mengetahui sejauh mana implementasi atau penerapan ganti kerugian yang telah diterima warga yang terdampak pembebasan lahan akibat pembangunan jalan tol trans-sumatera, dan 2). Untuk mengetahui apakah ganti kerugian yang diterima warga terdapat hambatan terhadap kehidupan yang dijalani setelah pembebasan lahan. Data terkait penelitian ini nantinya didapati melalui teknik wawancara dan studi dokumen untuk mengumpulkan datasekunder terkait dengan permasalahan yang akan diteliti. Data yang diperoleh baik primeer maupun sekunder dikelompokkan dan disusun secara sistematis. Selanjutnya data tersebut dianalisis secara kualitatif untuk memudahkan dalam menarik kesimpulan. Hasil yang dieroleh dari penelitian yang telah dilakukan yaitu: 1). Untuk nilai ganti rugi ditentukan oleh Tim Apparsial ( juru taksir) yang menilai untuk ganti rugi tanaman dilihat jenis tanaman, usia tanaman, dan apakah tanaman gtersebut sudah menghasilkan atau belum. Untuk penilaian bangunan yang diganti rugi dinilai dari jenis bangunan, lokasi tanah tersebut dan menlihat topografi tanah. 2). Banyak warga yang merasa bahwa ganti rugi tersebut tidak layak dan kondisi perekonomian mereka mengalami penurunan akibat lokasi rumah dan sumber mata pencaharian mereka yang berpindah. Kata Kunci : Ganti Rugi, Pembebasan Hak Atas Tanah, Kelayakan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:36
Last Modified: 17 Jul 2024 03:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19003

Actions (login required)

View Item View Item