PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SIKAP TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR KARYAWAN PT TOYOTA AGUNG AUTOMALL BENGKULU

Alpahrasy, Rendy and Sigit, Nugroho and Trisna, Murni (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SIKAP TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR KARYAWAN PT TOYOTA AGUNG AUTOMALL BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS RENDY ALPAHRASY.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Organisasi yang baik, dalam perkembangannya pastilah menitik beratkan pada sumber daya manusia (human resources) guna menjalankan fungsinya dengan optimal, khususnya dalam menghadapi perubahan lingkungan yang terjadi, dan dengan demikian kemampuan teknis, teoritis, konseptual moral dari para pelaku organisasi di semua tingkat (level) pekerjaan amat dibutuhkan. Organisasi atau perusahaan dalam melakukan aktivitasnya memerlukan karyawan yang berkualitas untuk menghadapi perkembangan dunia bisnis dengan persaingan yang ketat antar perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Jumlah sampel yang digunakan adalah 84 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menguji pengaruh kecerdasan emosional dan sikap terhadap Organizational Citizenship Behaviour karyawan PT Toyota Agung Automall Bengkulu; (2) Menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap Organizational Citizenship Behaviour karyawan PT Toyota Agung Automall Bengkulu; (3) Menganalisis pengaruh sikap terhadap Organizational Citizenship Behaviour karyawan PT PT Toyota Agung Automall Bengkulu; Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa ( ) yang berbunyi kecerdasan emosional dan sikap memiliki pengaruh yang signifikan terhadap organizational citizenship behaviour karyawan PT Toyota Agung Automall Bengkulu diterima; ( ) yang berbunyi kecerdasan emosional memiliki pengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behaviour diterima.; dan ( ) yang berbunyi sikap memiliki pengaruh yang signifikan terhadap organizational citizenship behaviour. Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan penelitian ini, maka disarankan hal-hal sebagai berikut (1) Pihak perusahaan juga mengajarkan atau membimbing dengan nasihat-nasihat, membina hubungan harmonis sesama rekan kerja dengan mengadakan family gathering, memberikan arahan/motivasi kepada karyawan pada pagi hari sebelum memulai kerja agar masing-masing karyawan selalu kompak dan harmonis. ; (2) Pihak perusahaan juga mempertahankan karyawan yang mempunyai komitmen, mendukung ide-ide kreatif dari karyawan dan merealisasikannya serta pihak perusahaan lebih peduli terhadap perkembangan karyawan bila perlu langsung memberikan pelatihan jika karyawan tersebut dinilai masih kurang atau ingin lebih maju. (3) Perusahaan memberikan sanksi yang sangat tegas untuk karyawan yang kurang disiplin agar tidak mengulanginya kembali dan selain itu untuk karyawan yang patuh, disiplin dan melakukan tindakan terpuji diberikan timbal balik berupa penghargaan, hadiah atau reward yang pantas dan bila perlu dijadikan role model bagi karyawan lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:03
Last Modified: 18 Jul 2024 01:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19005

Actions (login required)

View Item View Item