KONSEPSI GEOMETRI PADA ETNOMATEMATIKA PANE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Inzoni, Inzoni and Bambang, Parmadie and Neza, Agusdianita (2022) KONSEPSI GEOMETRI PADA ETNOMATEMATIKA PANE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI INZONI-PGSD-FKIP-UNIB-2018.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi geometri bangun datar dan bangun ruang pada Etnomatematika pane sebagai sumber belajar Matematika di Sekolah Dasar kabupaten Kepahiang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Populasi pada penelitian ini adalah suku Rejang di Kabupaten Kepahiang dan sampel pada penelitian ini adalah pengrajin alat tradisional pane suku Rejang di desa Daspetah kabupaten Kepahiang. Instrumen penelitian utama yang digunakan berupa peneliti itu sendiri serta pendukung berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data penelitian ini mengunakan standar analisis data dari grounded theory. Adapun konsepsi geometri pada alat tradisional pane suku Rejang terdapat konsep bangun datar berupa lingkaran dan persegi panjang dan juga terdapat konsepsi bangun ruang tabung terbuka. Konseps matematika yang terdapat pada alat tradisional pane suku Rejang dapat dijadikan sebagai sumber belajar berupa tawaran media pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Etnomatematika, Pane, Suku Rejang, Konsepsi Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:06
Last Modified: 18 Jul 2024 02:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19017

Actions (login required)

View Item View Item