KARAKTERISTIK BIOPLASTIK DARI PATI SINGKONG DAN TEPUNG KOLANG-KALING DENGAN BERBAGAI RASIO PEMBERIAN BIJI PLASTIK LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE)

Yeza, Gustira and Yazid, Ismi Intara and Devi, Silsia (2022) KARAKTERISTIK BIOPLASTIK DARI PATI SINGKONG DAN TEPUNG KOLANG-KALING DENGAN BERBAGAI RASIO PEMBERIAN BIJI PLASTIK LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Yeza Gustira E1G018017.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Plastik adalah salah satu jenis bahan yang sering dijumpai oleh masyarakat dalam bentuk kemasan dan alat-alat rumah tangga yang banyak digunakan sebagai pembungkus makanan, minuman, untuk keperluan sekolah dan berbagai sektor lainnya. Kebutuhan plastik yang sangat besar akan memicu permasalahan lingkungan. Sampah plastik yang berasal dari bahan baku minyak bumi membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk terurai di alam sehingga jumlah limbah plastik yang dihasilkan sangat besar dan membutuhkan waktu ribuan tahun untuk terurai secara alami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik bioplastik yang berasal dari pati singkong dan tepung kolang-kaling dengan penambahan biji plastik Low Density Polyethylene (LDPE). Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor berdasarkan konsentrasi penambahan biji plastik Low Density Polyethylene (LDPE) sebagai perlakuan. Terdapat 5 taraf perlakuan dengan perbandingan konsentrasi 0%, 25%, 30%, 35%, dan 40% masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali sehingga didapat 15 unit percobaan dengan parameter uji karakteristik mekanis yang meliputi kuat tarik dan elongasi, kemudian dilanjutkan dengan uji daya serap air dan biodegradasi. Hasil uji ANOVA karakteristik mekanis yang meliputi kuat tarik dan elongasi menunjukkan bahwa konsentrasi penambahan biji plastik Low Density Polyethylene (LDPE) memberikan pengaruh nyata terhadap kuat tarik dan elongasi. Semakin banyak penambahan biji plastik Low Density Polyethylene (LDPE) maka kuat tarik dan elongasi pada bioplastik juga semakin tinggi. Hasil uji ANOVA terhadap daya serap air menunjukkan bahwa konsentrasi penambahan biji plastik Low Density Polyethylene (LDPE) berpengaruh nyata terhadap daya serap air, semakin banyak penambahan biji plastik Low Density Polyethylene (LDPE) maka daya serap air pada bioplastik semakin menurun. Pada uji biodgradasi menunjukkan bahwa terdapat kesulitan terurai terhadap bioplastik dengan penambahan biji plastic Low Density Polyethylene (LDPE) semakin banyak penambahan biji plastic Low Density Polyethylene (LDPE) pada bioplastik maka proses penguraian semakin lambat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:46
Last Modified: 19 Jul 2024 02:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19056

Actions (login required)

View Item View Item