PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN NaOH DAN MINYAK ATSIRI JERUK KALAMANSI TERHADAP KARAKTERISTIK SABUN PADAT DARI MINYAK GORENG BEKAS

Adelia, Dwi Wahyuni and Devi, Silsia and Syafnil, Syafnil (2022) PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN NaOH DAN MINYAK ATSIRI JERUK KALAMANSI TERHADAP KARAKTERISTIK SABUN PADAT DARI MINYAK GORENG BEKAS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_ADELIA DWI WAHYUNI_E1G018035..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Sabun merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia. Komponen penting yang terdapat dalam pembuatan sabun yaitu adanya unsur lemak/minyak dan basa kuat. Perlu perbandingan yang tepat antara minyak dan alkali untuk menghasilkan sabun yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh konsentrasi larutan NaOH dan minyak atsiri jeruk kalamansi terhadap karakteristik fisik, kimia, dan organoleptik sabun padat dari minyak goreng bekas serta mendapatkan perlakuan terbaik yang memenuhi mutu SNI sabun mandi padat 3532:2016 dan disukai oleh panelis. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan dua faktor penelitian yaitu larutan NaOH dengan konsentrasi (15%, 20%, dan 25%), dan minyak atsiri jeruk kalamansi dengan persentase (10%, 15%, dan 20%) dari bahan baku minyak goreng bekas. Penelitian ini dilakukan pengulangan sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 27 unit percobaan dengan parameter pengamatan karakteristik fisik yang meliputi kadar air, kekerasan, dan stabilitas busa. Karakteristik kimia meliputi pH dan kadar alkali bebas, serta uji organoleptik yang meliputi tekstur, aroma, dan overall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi larutan NaOH dan interaksi antara konsentrasi larutan NaOH dan minyak atsiri jeruk kalamansi berpengaruh nyata terhadap kadar air, kekerasan, pH, kadar alkali bebas, dan stabilitas busa sabun padat. Sedangkan penambahan minyak atsiri jeruk kalamansi tidak berpengaruh nyata terhadap kadar air, kekerasan, pH, kadar alkali bebas, dan stabilitas busa sabun padat. Hasil uji organoleptik berdasarkan uji Friedman menyatakan bahwa, penambahan konsentrasi larutan NaOH dan minyak atsiri jeruk kalamansi berpengaruh nyata terhadap tingkat kesukaan panelis mengenai tekstur, aroma, dan overall. Semakin tinggi konsentrasi larutan NaOH dan minyak atsiri jeruk kalamansi yang digunakan, semakin tinggi pula tingkat penerimaan panelis terhadap sabun padat yang dihasilkan. Perlakuan terbaik yang memenuhi mutu SNI sabun mandi padat 3532:2016 dan disukai oleh panelis adalah konsentrasi larutan NaOH 25% dan minyak atsiri jeruk kalamansi sebanyak 20% dari bahan baku minyak goreng bekas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:16
Last Modified: 19 Jul 2024 03:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19059

Actions (login required)

View Item View Item