RISIKO TERHADAP PERJANJIAN PENGANGKUTAN ANTARA PT. CAKRAWALA DINAMIKA ENERGI DENGAN PEMILIK TRUK PENGANGKUT BATUBARA DI KOTA BENGKULU

Irena, Munajar and Edi, Hermansyah and DIMAS, DWI ARSO (2024) RISIKO TERHADAP PERJANJIAN PENGANGKUTAN ANTARA PT. CAKRAWALA DINAMIKA ENERGI DENGAN PEMILIK TRUK PENGANGKUT BATUBARA DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI IRENA_UNIB - Irena Munajar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengenai risiko perjanjan kerjasama pengangkutan antara pihak PT. Cakrawala Dinamika Energi dengan pemilik truk yang dilakukan dengan cara membuat perjanjian secara lisan. Tujuan penelitian ini guna menganalisis bagaimana risiko terhadap perjanjian pengangkutan batu bara antara PT. Cakrawala Dinamika Energi dengan pemilik truk pengangkut batu bara apabila perjanjian tersebut dibuat secara lisan serta mengetahui tanggung jawab masing-masing pihak dalam pelaksanaan perjanjian pengangkutan batu bara saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan jenis penelitian deskriptif, pendekatan penelitian ini adalah pendekatan hukum empiris yaitu penelitian hukum yang memperoleh data dari data primer dan data sekunder. Dimana data primer diperoleh melalui penelitian lapangan, sedangkan data sekunder didapatkan dengan melakukan penelitian kepustakaan dengan mengkaji buku-buku literature, undang-undang dan dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang pertama, perjanian kerjasama antara pihak PT. Cakrawala Dinamika Energi dengan pemilik truk dilakukan dengan menggunakan perjanjian secara lisan. kerjasama yang dilakukan antara dua pihak berbentuk perjanjian lisan sehingga ini menimbulkan risiko masing-masing pihak dapat mengabaikan tanggungjawab para pihak disebabkan oleh kurangnya kekuatan hukum yakni bukti fisik/klausul tertulis mengenai perjanjian tersebut ataupun wanprestasi pada proses perjanjian tersebut. Kedua yaitu meskipun menggunakan perjanjian tidak tertulis pada praktiknya para pihak dianggap harus mengetahui hak dan kewajiban masing-masing, sehingga dalam hal ini semua resiko dalam proses pengangkutan merupakan tanggungjawab pemilik truk. Kata kunci : Pengangkutan Batu bara, Perjanjian, Risiko.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:38
Last Modified: 19 Jul 2024 08:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19070

Actions (login required)

View Item View Item