NARSISME DALAM TEKS NARATIF: ANALISIS SEMIOTIK ATAS LAPORAN TAHUNAN PT GARUDA INDONESIA DAN PT BAKRIE & BROTHERS TAHUN 2018-2019

Permata Yuva, Adinda and Madani, Hatta and Lisa, Martiah Nila Puspita (2021) NARSISME DALAM TEKS NARATIF: ANALISIS SEMIOTIK ATAS LAPORAN TAHUNAN PT GARUDA INDONESIA DAN PT BAKRIE & BROTHERS TAHUN 2018-2019. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI - ADINDA PERMATA YUVA - C1C017072.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami serta menganalisis penggunaan narsisme bahasa pada PT. Garuda Indonesia dan PT. Bakrie & Brothers ketika sedang mengalami kerugian dan memperoleh laba. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan aspek bahasa (linguistik) dalam pembahasan dari teks naratif pada laporan tahunan perusahaan yang nantinya akan dibandingkan penggunaan narsisme bahasanya ketika perusahaan sedang mengalami kerugian dan memperoleh laba. Metode pengumpulan data menggunakan content analysis melalui teknik observasi dan analisis terhadap isi atau pesan dari suatu dokumen. Menggunakan metode analisis semiotik pada teks naratif dalam laporan tahunan PT. Garuda Indonesia dan PT. Bakrie & Brothers Tahun 2018 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Garuda Indonesia tahun 2018 dalam pengungkapan teks naratifnya banyak menggunakan penulisan yang diindikasikan termasuk ke dalam narsisme bahasa, sedangkan pada tahun 2019 yang keadaannya benar-benar memperoleh laba bersih, perusahaan cenderung menjelaskan pencapaian baik kinerja keuangan maupun aspek lainnya dengan cara yang standar dan tidak melebih-lebihkan; Pada PT. Bakrie & Brothers dalam pelaporan tahun 2018 dan 2019 ditemukan penggunaan narsisme bahasa yang hampir sama, hanya terdapat perbedaan ketika perusahaan memperoleh kerugian lebih menggunaan pengalihan ke isu yang lebih menarik untuk penyampaian kinerjanya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:47
Last Modified: 19 Jul 2024 08:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19072

Actions (login required)

View Item View Item