PENGARUH SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) (STUDI PERSEPSI MANAJER PADA PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN BARANG DI KOTA BENGKULU)

Berninda, Chrisma and Lisa, Martiah Nila Puspita and Fitrawati, Ilyas (2021) PENGARUH SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) (STUDI PERSEPSI MANAJER PADA PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN BARANG DI KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI CHRISMA BERNINDA C1C017119.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Persaingan bisnis jasa pengiriman barang yang semakin ketat ini mengharuskan perusahaan mempersiapkan diri sebaik mungkin jika masih ingin mempertahankan eksistensi dalam persaingan antar perusahaan lainnya. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengutamakan konsistensi melalui pengembangan suatu sistem yang dapat mendukung kinerja para pekerjanya yaitu salah satunya penerapan Total Quality Management (TQM). Penerapan TQM di perusahaan dapat memberikan berbagai kegunaan utama sehingga dapat meningkatnya laba dan daya saing. Penerapan TQM harus disertai dengan penerapan komplemen komplemen dari sistem akuntansi manajemen yaitu sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan. Sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan merupakan alat pengendalian yang penting bagi perusahaan untuk memotivasi karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan sesuai dengan harapan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan terhadap efektivitas penerapan Total Quality Management (TQM). Penelitian ini dilakukan pada perusahaan jasa pengiriman barang di Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh atau sensus. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada top manajer perusahaan jasa pengiriman barang di Kota Bengkulu dengan sampel sebanyak 30 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sistem pengukuran kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas penerapan Total Quality Management (TQM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin baik atau meningkatnya sistem pengukuran kinerja maka memberikan kebaikkan terhadap efektivitas penerapan TQM dan jika efektivitas penerapan TQM semakin baik maka akan memberikan kepuasan kepada konsumen atau pelanggan. (2) Sistem penghargaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas penerapan Total Quality Management (TQM).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:38
Last Modified: 22 Jul 2024 02:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19077

Actions (login required)

View Item View Item