REAKSI PASAR MODAL TERHADAP PENGUMUMAN PEMINDAHAN IBU KOTA INDONESIA TAHUN 2019 (Studi Peristiwa Pada Perusahaan Sektor Infrastruktur)

Akbar Pambudi, Dimas and Nikmah, Nikmah and Saiful, Saiful (2021) REAKSI PASAR MODAL TERHADAP PENGUMUMAN PEMINDAHAN IBU KOTA INDONESIA TAHUN 2019 (Studi Peristiwa Pada Perusahaan Sektor Infrastruktur). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Dimas Akbar Pambudi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pada 29 April 2019 Indonesia mengumumkan pemindahan ibukota ke tempat yang baru. Diketahui bahwa pemindahan ibu kota ini akan mengikutsertakan perusahaan baik BUMN dan swasta. Pada sektor infrastruktur terjadinya fluktuasi harga saham dan volume perdagangan saham dapat terlihat di sekitar tanggal pengumuman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji reaksi pasar modal Indonesia terhadap pengumuman pemindahan ibu kota Indonesia tahun 2019. Penelitian ini membahas masalah tersebut dengan menerapkan metodologi studi peristiwa untuk menguji reaksi pasar yang diindikasikan dengan perubahan abnormal return dan aktivitas volume perdagangan. Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling digunakan untuk pengumpulan data dengan kriteria yaitu termasuk dalam perusahaan sektor infrastruktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode penelitian, tidak melakukan aksi korporasi, serta memiliki data harga saham yang dapat diakses, dalam hal ini 44 bagian yang dipilih menjadi sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengumuman pemindahan ibu kota Indonesia tahun 2019 menimbulkan reaksi dari pelaku pasar modal. Diindikasikan oleh signifikansi untuk abnormal return dan aktivitas volume perdagangan di sekitar tanggal pengumuman. Di sisi lain, hasil juga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan baik abnormal return maupun aktivitas volume perdagangan antara sebelum dan sesudah hari kejadian. Implikasi penelitian ini adalah dapat memberi informasi teoritis dan sumbangan bagi ilmu pengetahuan, bahan pustaka, dan referensi bagi penulisan selanjutnya. Serta, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang akan berguna bagi pelaku pasar modal dalam mempertimbangkan dan menganalisis informasi yang dapat mempengaruhi pasar modal. Keterbatasan penelitian ini adalah periode jendela yang singkat menimbang peristiwa yang diteliti adalah pengumuman dari suatu peristiwa (pembangunan ibu kota) yang akan terjadi di masa yang akan datang. Serta, keterbatasan bahwa terdapat data yang tidak terdistribusi normal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Jul 2024 09:43
Last Modified: 19 Jul 2024 09:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19086

Actions (login required)

View Item View Item