PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA JASA WISATA ARUNG JERAM DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN

PRAYOGA, RACHMADIANSYAH and Nur, Sulistyo B. Ambarini and Wafiya, Wafiya (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA JASA WISATA ARUNG JERAM DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI-PRAYOGA RACHMADIANSYA - Prayoga Rachmadiansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Perlindungan Hukum terhadap pengguna jasa wisata arung jeram di Kabupaten Bengkulu Selatan dan (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Tanggung jawab pengelolaarung jeram di Kabupaten Bengkulu Selatan terhadap kerugian yang dialami wisatawan. Wisata arung jeram adalah wisata yang sangat berisiko tinggi maka dari pada itu pengelola arung jeram di Kabupaten Bengkulu Selatan seharusnya memberikan perlindungan keselamatan kepada wisatawan arung jeram di Bengkulu Selatan. Namun di lapangan masih banyak pengelola arung jeram di Bengkulu selatan yang belum memberikan perlindungan terhadap hak-hak pengguna wisata arung jeram tersebut. Pokok permasalahan dari penelitian adalah (1) Perlindungan Hukum terhadap pengguna jasa wisata arung jeram di Kabupaten Bengkulu Selatan dan (2) bagaimana Tanggung jawab pengelola arung jeram di Kabupaten Bengkulu Selatan terhadap kerugian yang dialami wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menentukan lokasi penelitian dan informan melalui wawancara yang mendalam, lalu dianalisis menggunakan metode yuridis kualitatif. Hasil penelitian adalah Perlindungan Hukum terhadap pengguna jasa wisata arung jeram di Kabupaten Bengkulu Selatan belum dilakukan secara maksimal, dimana dalam melakukan perlindungan keselamatan terhadap para wisatawan sebagaimana yang diamanatkan dalam Pasal 20 Undang�Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan yang menyebukan bahwa pengelola pariwisata memberikan kenyamanan, keramahan, perlindungan kemanan, dan keselamatan wisatawan. Namun pihak pengelola arung jeram belum melakukan secara maksimal sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang�Undang tersebut. Tanggung jawab pengelola arung jeram di Kabupaten Bengkulu Selatan terhadap kerugian yang dialami wisatawan belum dilakukan secara maksimal,dimana pengelola arung jeram Selatan Rafting Club tidak melakukan pergantian kerugian atau pengobatan atas wisatawan yang terluka akibat kecelakaan pada saat rafting dan memberikan asuransi kepada wisatawan yang mengalami luka dengan kategori ringan. Namun sejauh ini tanggung jawab yang di tunjukan oleh pihak pengelola arung jeram Manna Rafting Club dengan memberikan perlindungan berupa pengobatan dan pergantian terhadap barang dengan kategori bukan mahal. Kata Kunci: Arung Jeram, Perlindungan, Tanggung Jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:21
Last Modified: 22 Jul 2024 04:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19098

Actions (login required)

View Item View Item