PROFIL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUTU KERNEL PADA PABRIK MINYAK KELAPA SAWIT PT. DARIA DHARMA PRATAMA LUBUK BENTO

Subha P, M. Hidayat and Hasan, Basri Daulay and Pandu, Imam (2018) PROFIL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUTU KERNEL PADA PABRIK MINYAK KELAPA SAWIT PT. DARIA DHARMA PRATAMA LUBUK BENTO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas andalan bangsa Indonesia yang memberikan peran sangat signifikan dalam pengembangan perekonomian bangsa Indonesia, khususnya pada pengembangan agroindustri. Kelapa sawit menghasilkan dua produk, yaitu Crude Palm Oil (CPO) yang berasal dari daging buah dan Kernel Palm Oil (KPO) yang berasal dari inti sawit (kernel). Perusahaan sawit hanya memfokuskan pada kualitas CPO yang dihasilkan, padahal kernel merupakan produk unggulan kedua setelah CPO, karena banyak produk hilir yang berbahan baku minyak inti kelapa sawit, seperti kosmetik, sabun dan sebagainya. Menurut laporan praktek kerja di PT. DDP Lubuk Bento dengan aspek kualitas bahwa kualitas mutu kernel belum mencapai target perusahaan. Hal ini dapat menurunkan nilai mutu dari kernel. Maka perlu dikaji tentang analisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi mutu kernel di PT. DDP Lubuk Bento, sehingga dengan adanya penelitian ini penulis berharap pihak pabrik PT. DDP Lubuk Bento terbantu mencari solusi untuk mengurangi penyimpangan kualitas mutu kernel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi mutu kernel di PT. DDP Lubuk Bento. Penelitian ini dilaksanakan di Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit PT. DDP Lubuk Bento pada bulan Mei 2018, menggunakan metode survei observasi dengan variabel pengamatan mutu kernel ( Kadar air, Kadar Kotoran dan Broken Kernel) menggunakan data bulanan pada bulan Mei 2017- April 2018 dan data harian pada bulan Mei 2018, data kerusakan mesin, data kualitas bahan baku pada bulan Mei 2017-Mei 2018, Mei 2018, dan wawancara kepada orang yang dianggap mengerti tentang mutu kernel. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi mutu kernel dilakukan pemeriksaan data hasil pengukuran harian mutu kernel dan mencari penyebab rendahnya mutu kernel dengan melihat data harian kualitas bahan baku dan kerusakan mesin. Setelah di lakukan wawancara ternyata bahan baku yang mempengaruhi kadar air dan broken kernel adalah TBS mentah dan buah dura dari masyarakat. Kerusakan mesin yang mempengaruhi mutu kernel adalah mesin di stasiun kernel, sehingga pada saat data harian mutu kernel tinggi maka diperiksa data bahan baku yang diolah atau kerusakan mesin pada stasiun kernel, dan jika mutu kernel kurang bagus sementara tidak ada penyimpangan TBS mentah dan kerusakan mesin maka penyebab kurang bagusnya mutu kernel tersebut diasumsikan disebabkan oleh sumber daya manusia Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi mutu kernel adalah bahan baku mentah, kerusakan mesin pada stasiun kernel dan pengaruh sumber daya manusia. Faktor yang paling mempengaruhi adalah faktor bahan baku.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 11 Sep 2019 04:13
Last Modified: 11 Sep 2019 04:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19104

Actions (login required)

View Item View Item