PEMBUATAN KARYA MONTASE DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KERJA SAMA PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS IV SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Nisa, Putri Hidayatin and Pebrian, Tarmizi and Dwi, Anggraeni (2022) PEMBUATAN KARYA MONTASE DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KERJA SAMA PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS IV SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI-PUTRI HIDAYATIN NISA (A1G018115) PGSD UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembuatan karya montase dan mendeskripsikan sikap kerja sama peserta didik dalam pembuatan karya montase pada pembelajaran SBdP kelas IV SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (verification data). Pengujian keabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian ini adalah semua kelompok telah menyiapakan alat dan bahan sesuai dengan yang digunakan pada pembuatan karya montase, hampir semua kelompok mengalami kesulitan saat memotong gambar yang berukuran kecil, semua kelompok mengumpulkan potongan gambar pada satu tempat, hanya kelompok 2 dan 4 yang mengoleskan lem terlalu banyak, semua kelompok telah memberi pewarnaan pada karya montase, peserta didik banyak menggunakan warna biru dan hijau, serta hanya 3 kelompok yang secara keseluruhan hasil karyanya rapi dan bersih adalah kelompok 1, 3, dan 4. Pada proses pembuatan karya montase telah menumbuhkan sikap kerja sama peserta didik melalui observasi berdasarkan indikator kerja sama yang terdiri dari 4 aspek diantaranya saling berkontribusi, keterampilan koordinasi, bertanggung jawab, dan bekerja secara produktif dengan yang lain. Kata Kunci: Montase, Proses Pembuatan Karya, Kerja Sama.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:29
Last Modified: 22 Jul 2024 08:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19110

Actions (login required)

View Item View Item