TINGKAT ADOPSI TEKNOLOGI PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU (PTT) PADA USAHATANI PADI SAWAH DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (Studi Kasus Desa Sri Kuncoro Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah)

Bettiwati, Manalu and Sriyoto, Sriyoto and Nyayu, Neti Aryant (2022) TINGKAT ADOPSI TEKNOLOGI PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU (PTT) PADA USAHATANI PADI SAWAH DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (Studi Kasus Desa Sri Kuncoro Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
betti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1. Menganalisis tingkat adopsi teknologi pengelolaan tanaman terpadu (PTT) pada usahatani padi sawah di Desa Sri Kuncoro, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah. 2. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penerapan teknologi PTT pada usahatani padi sawah di Desa Sri Kuncoro, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode penentuan daerah ini dilakukan secara segaja (purposive) berdasarkan pertimbangan bahwa desa tersebut merupakan sentra usahatani padi. Penentuan responden menggunakan teknik sampling proportionate simple random sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak sederhana dan proporsional (berimbang), dimana sampel yang digunakan sebanyak 35 responden. Analisis datanya sendiri menggunakan analisis deskriptif dan alat ujinya menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa; 1. Tingkat adopsi rata-rata petani untuk seluruh komponen teknologi PTT padi sawah ialah 70,56 persen dan nilai ini termasuk dalam kategori tinggi. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat adopsi teknologi PTT adalah faktor umur, pendidikan dan pengalaman berusahatani. Kata Kunci: Adopsi, Pengelolaan Tanaman Terpadu, Padi Sawah, Sri Kuncoro.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:57
Last Modified: 23 Jul 2024 02:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19118

Actions (login required)

View Item View Item