ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BAURAN PEMASARAN RUJAK BUAH ULEK OLEH ISTANA RUJAK DAN RUJAK BUAH PAK YADI

Desi, Aryani and Nyayu, Neti Arianti and Basuki, Sigit Priyono (2022) ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BAURAN PEMASARAN RUJAK BUAH ULEK OLEH ISTANA RUJAK DAN RUJAK BUAH PAK YADI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI LENGKAP DESI ARYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Buah-buahan memiliki peranan besar dalam keanekaragaman pangan serta mencukupi kebutuhan gizi masyarakat. Rujak buah merupakan satu dari banyak variasi olahan buah-buahan segar yang telah lama dikenal masyarakat. Permintaan masyarakat untuk mengonsumsi rujak buah yang masih tinggi sehingga aktivitas pemasaran rujak buah banyak digeluti oleh pelaku usaha. Keputusan pembelian bagi konsumen sangat dipengaruhi oleh sifat yang dimiliki oleh produk tersebut. Produk yang cocok dengan harapannya maka akan menjadi acuan bagi konsumen dalam pengambilan keputusan. Penelitian dilakukan pada bulan April-Mei 2022 di Istana Rujak yang terletak di Jalan Pariwisata, tepatnya di depan Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu, dan rujak buah ulek Pak Yadi di Jalan S.Parman Kelurahan Kebun Kenanga Ratu Agung Kota Bengkulu. Penentuan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive). Responden yang diteliti dalam penelitian berjumlah 96 responden yang membeli dan mengonsumsi rujak buah ulek pada kedua pedagang. Hasil persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran produk di Istana Rujak yaitu sebanyak 88,54% dan di rujak buah Pak Yadi sebanyak 61,45% memiliki persepsi yang baik. Persepsi konsumen terhadap harga di Istana Rujak yakni sebanyak 90,62% dan di rujak buah Pak Yadi sebanyak 68,79% memiliki persepsi yang baik. Persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran promosi di Istana Rujak didominasi berada dikategori baik. Sedangkan tingkat persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran promosi di rujak buah Pak Yadi didominasi berada di kategori cukup baik. Tingkat persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran tempat di Istana Rujak sebanyak 91,67% berada di kategori baik. Sedangkan untuk persepsi konsumen di rujak buah Pak Yadi rata-rata berada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian hubungan persepsi terhadap produk, harga, promosi dan tempat dengan keputusan pembelian dilihat dari hasil analisis Rank Sperman diketahui bahwa nilai signifikansi di Istana Rujak dan di rujak Pak Yadi yaitu sama-sama 0,000 atau lebih kecil dari  = 0,01, maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap bauran pemasaran produk, harga, promosi dan tempat dengan keputusan pembelian rujak buah ulek di Istana Rujak dan di rujak buah Pak Yadi. Nilai koefisien korelasi antara produk, harga, promosi dan tempat dengan keputusan pembelian baik di Istana Rujak maupun rujak buah Pak Yadi terkategori memiliki kekuatan yang berbeda-beda namun bernilai positif (+), artinya hubungan dikatakan searah yang mengartikan bahwa jika persepsi terhadap produk, harga, promosi dan tempat baik, maka pengambilan keputusan semakin mudah, dengan kata lain untuk membeli rujak buah baik di Istana Rujak maupun di rujak buah Pak Yadi tidak perlu di pikirkan dengan berat. Kata Kunci: Rujak Buah Ulek, Persepsi Konsumen, Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:35
Last Modified: 24 Jul 2024 04:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19142

Actions (login required)

View Item View Item