ANALISIS KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) “KOPI IKOLA” DI KECAMATAN GADING CEMPAKA MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD

Fahrul, Rozi Maulana and M. Mustopa, Romdhon and Reswita, Reswita (2022) ANALISIS KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) “KOPI IKOLA” DI KECAMATAN GADING CEMPAKA MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Fahrul Rozi Maulana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Salah satu sektor usaha di Indonesia yang mempunyai peran penting terhadap peningkatan nilai ekonomi, serta menurunkan angka pengangguran adalah sektor usaha UMKM. Berdasarkan data yang dipublikasi oleh Kementerian Koperasi dan UMKM RI Tahun 2018 menginformasikan bahwa sektor UMKM memiliki peran cukup besar terhadap penyerapan tenaga kerja yang tersedia di Indonesia. Hal ini dikarenakan hampir 99% sektor usaha yang terdapat di Indonesia merupakan sektor usaha yang terkategori sebagai UMKM yang bersifat pada tenaga kerja. Kota Bengkulu merupakan salah satu kota di Indonesia yang juga memanfaatkan peran penting UMKM. “KOPI IKOLA” adalah satu diantara banyaknya UMKM yang ada di kota Bengkulu, yang sudah berdiri sejak 1 Agustus 2016 dan beralamat di Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. “KOPI IKOLA” telah memiliki legalitas hukum seperti sertifikat dari Balai Pengawas Obat dan Makan (BPOM), sertifikat halal, dan surat izin usaha perdagangan (SIUP) kecil. Hal ini menjadi salah satu keunggulan dari usaha ini karena telah terjamin dari sisi kualitas produk yang dihasilkan. persaingan yang ketat antar sesama home industri membuat usaha ini seharusnya menyadari tentang bagaimana cara menghadapi persaingan yang tidak hanya dilihat dari sisi kualitas produk, tapi kinerja usaha juga menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan berjalannya suatu usaha. Sehingga diperlukannya penilaian kinerja yang lebih komprehensif untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Penilaian kinerja dilakukan dengan menggunakan metode Balanced scorecard dengan melihat dari empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kinerja dari UMKM “KOPI IKOLA” di Kecamatan Gading Cempaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja usaha ini berdasarkan perspektif keuangan dengan jumlah skor 7, perspektif pelanggan dengan jumlah skor 1, perspektif proses bisnis internal dengan skor 1, dan perspektif pembelajaran serta pertumbuhan dengan skor 2. Secara keseluruhan nilai kinerja usaha ini baik, dengan nilai 0,73 Kata kunci: UMKM, kinerja usaha, balanced scorecard (BSC)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:30
Last Modified: 25 Jul 2024 03:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19152

Actions (login required)

View Item View Item