PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY, DAN KONDISI EKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Empiris terhadap Perusahaan Manufaktur di BEI tahun 2017-2019)

Angelia Tambunan, Duma and Baihaqi, Baihaqi and Pratana, P. Midiastuti (2021) PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY, DAN KONDISI EKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Empiris terhadap Perusahaan Manufaktur di BEI tahun 2017-2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DUMA C1C017094 CETAK 3.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan atau memperoleh laba selama periode tertentu dengan menggunakan aktiva yang produktif atau modal, baik modal secara keseluruhan maupun modal sendiri dengan memperhatikan faktor internal dan eksternal pertumbuhan perusahaan, karena pertumbuhan yang baik memberi tanda bagi perkembangan perusahaan dengan peningkatan profitabilitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh peluang pertumbuhan (growth opportunity) dan kondisi ekonomi terhadap profitabilitas perusahaan. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen yaitu growth opportunity dan kondisi ekonomi yang diproksi dengan variabel pertumbuhan GDP. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub-sektor makanan dan minuman di BEI tahun 2017-2019. Total sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 perusahaan dengan jumlah observasi sebanyak 60. Metode pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari data keuangan www.idx.co.id dan Badan Pusat Statistik (BPS). Analisis data dilakukan dengan analisis linear berganda menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: variabel independen berupa faktor internal perusahaan yang dilihat dari growth opportunity dan kondisi ekonomi yang diproksikan dengan pertumbuhan GDP sebagai faktor makro perusahaan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap profitabilitas (ROA) perusahaan. Implikasi pada hasil penelitian menunjukkan bahwa growth opportunity perusahaan sejalan dengan teori sinyal yaitu agar perusahaan dapat memberikan informasi mengenai rasio keuangan yang merupakan hasil kinerja perusahaan, bukan laba yang dirancang dan memungkinkan pihak eksternal untuk lebih percaya pada laba yang dilaporkan perusahaan dalam laporan keuangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:44
Last Modified: 26 Jul 2024 03:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19163

Actions (login required)

View Item View Item