PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2016-2020)

Suryani, Fitri and Husaini, Husaini and Syaiful, Syaiful (2021) PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2016-2020). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI FITRI SURYANI NPM C1C017033.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris Pengaruh Penerapan Manajemen Risiko terhadap Kinerja Perusahaan pada perusahaan pada perusahaan manufaktur tahun 2016-2020. Manajemen risiko dilakukan uji analisis faktor dimana manajemen risiko terbentuk menjadi 3 Faktor yaitu ERM1 yang terdiri atas Chief Risk Officer dan Risk Committee, ERM2 yang terdiri atas Big 4 dan Size serta ERM3 yang terdiri atas Board independen dan leverage. Kinerja perusahaan diukur dengan ROA dan Tobins Q. Penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi liner bergandan dengan alat bantu program SPSS versi 22. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah 425 observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ERM1 tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan ROA, Namun ERM1 berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan Tobins Q. ERM2 dan ERM3 didapati hasil berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan ROA dan Tobins Q. Implikasi dari penelitian ini memberikan informasi teoritis mengenai teori yang digunakan yaitu agency theory. Bagi para regulator agar dapat membuat kebijakan terkait penerapan manajemen risiko pada perusahaan manufaktur. Bagi akademisi diharapkan dapat menjadi acuan dalam memberikan bukti empiris dalam melakukan penelitian selanjutnya. Keterbatasan penelitian ini yaitu Koefisiensi determinasi R2 yang kecil sehingga hal ini membuka kemungkinan bahwa masih ada variabel yang memiliki pengaruh dalam penelitian ini dan Hasil Uji asumsi klasik yang masih membutuhkan perbaikan diantaranya yaitu uji normalitas dan heterokedastisitas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Jul 2024 04:12
Last Modified: 26 Jul 2024 04:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19168

Actions (login required)

View Item View Item