PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Yani, Indah and Saiful, Saiful and Husaini, Husaini (2021) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI-INDAH YANI (C1C017042).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dan menggunakan variabel moderating Corporate Governance dan Profitabilitas. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2015-2019 berjumlah 34 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode Pengumpulan data data menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 22. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa Pengungkapan CSR berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan. Semakin besar pengungkapan CSR semakin besar pula Nilai Perusahaan nya. Corporate Governance sebagai variabel moderating pertama memperkuat hubungan antara Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan. Dan variabel moderasi kedua Profitabilitas memperlemah hubungan antara Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan. Implikasi penelitian ini memberikan informasi memberikan informasi teoritis mengenai teori yang digunakan yaitu teori signal dan teori kontijensi. Asumsi dari teori signal adalah para manajer perusahaan memiliki informasi yang lebih akurat mengenai perusahaan yang tidak diketahui oleh pihak luar (investor). Hal ini akan mengakibatkan suatu asimetri informasi antara pihak yang berkepentingan. CSR terhadap Nilai Perusahaan dan menggunakan variabel moderating Corporate Governance dan Profitalilitas. Pada hasil penelitian menunjukkan hal yang sejalan dengan teori signal yang digunakan. Dalam teori kontijensi menunjukkan apakah tingkat keandalan variabel independen selalu berpengaruh sama pada setiap kondisi atau tidak terhadap variabel dependennya. Keterbatasan dalam penelitian ini hanya menggunaakan sampel pada perusahaan perbankan saja, sehingga kurang mencerminkan perkembangan nilai perusahaan secara keseluruhan. Saran dalam penelitian ini adalah menggunakan sampel lain yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:12
Last Modified: 29 Jul 2024 02:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19175

Actions (login required)

View Item View Item