PENGARUH PROFESSIONAL SKEPTICSM, LOCUS OF CONTROL, DAN INDEPENDENSI TERHADAP KUALITAS HASIL AUDIT (STUDI EMPIRIS PADA INSPEKTORAT PROVINSI BENGKULU)

Mario Rumkorem, Juan and Nila, Aprila and Robinson, Robinson (2021) PENGARUH PROFESSIONAL SKEPTICSM, LOCUS OF CONTROL, DAN INDEPENDENSI TERHADAP KUALITAS HASIL AUDIT (STUDI EMPIRIS PADA INSPEKTORAT PROVINSI BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh professional skepticsm, locus of control, dan independensi terhadap kualitas hasil audit(Studi Empiris pada Inspektorat Provinsi Bengkulu). Penelitian ini dilakukan pada Inspektorat provinsi Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling (sensus) yang mana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada seluruh auditor yang berkerja di Inspektorat provinsi Bengkulu dengan sampel sebanyak 54 responden. Teknik analisis data menggunakan program Software Statistical Package For Social Science (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Professional Skepticsm berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas hasil audit pada Inspektorat provinsi Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan tingginya Professional Skepticsm yang dimiliki oleh auditor maka memiliki dampak yang positif dalam peningkatan kualitas hasil audit auditor yang bekerja pada Inspektorat provinsi Bengkulu. (2) Locus of Control berpengaruh positif terhadap kualitas hasil audit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Locus of Control yang dimiliki oleh seorang auditor dapat meningkatkan kualitas hasil audit auditor yang bekerja pada Inspektorat provinsi Bengkulu. (3) Independensi berpengaruh positif terhadap kualitas hasil audit. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa independensi yang dimiliki oleh seorang auditor memberikan dampak yang positif dalam peningkatan kualitas hasil audit auditor yang bekerja pada Inspektorat provinsi Bengkulu. Implikasi penelitian ini secara teori menunjukkan bahwa teori sikap dan perilaku (Theory of Attitudes and Behavior) mengkonfirmasi atau mendukung Variabel professional skepticsm dan independensi dan teori atribusi (Attribution Theory) mengkonfirmasi atau mendukung Variabel locus of control. Hal ini bisa memberi tambahan bukti tentang peranan teori atribusi (attribution theory) dan teori sikap dan perilaku (theory of attitudes and behavior)untuk variabel dalam menjelaskan kualitas hasil audit. Penelitian ini hanya menggunakan data berdasarkan kuisioner, sehingga hasil penelitian hanya bisa di maknai persepsi berdasarkan pengisian kuisioner, dan tidak dapat menggambarkan persepsi masing masing responden secara rinci. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat lebih mendalam mengumpulkan data penelitian dengan melakukan inovasi metode pengumpulan data seperti wawancara dan lain sebagainya, sehingga data yang di dapatkankan benar-benar bisa menggambarkan persepsi masing masing responden secara rinci dan tidak hanya berdasarkan kuisioner saja.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Jul 2024 09:07
Last Modified: 26 Jul 2024 09:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19189

Actions (login required)

View Item View Item