PENGARUH WORK-FAMILY CONFLICT DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA DOSEN (Studi Empiris pada Dosen Akuntansi Perempuan di Kota Bengkulu)

Sani Lubis, Mutiara and Halimatusyadiah, Halimatusyadiah and E. Novita, Sari (2021) PENGARUH WORK-FAMILY CONFLICT DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA DOSEN (Studi Empiris pada Dosen Akuntansi Perempuan di Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Mutiara Sani Lubis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Dosen merupakan salah satu komponen yang paling menentukan dalam proses transfer pengetahuan di perguruan tinggi. Pendidikan yang akan membentuk calon akuntan yang berkualitas dapat tercipta dari dosen akuntansi yang berkualitas. Salah satu kunci dalam keberhasilan kinerja dosen ialah dengan memiliki kompetensi yang baik. Oleh karena itu, dosen akuntansi dituntut untuk meningkatkan kompetensinya sehingga kualitas kerja dapat meningkat. Sebagaimana yang disyaratkan oleh IAI (Ikatan Akuntan Indonesia), dosen akuntansi harus mampu melakukan transfer of knowledge atau alih pengetahuan perihal akuntansi kepada mahasiswa, mampu menguasai pengetahuan tentang bisnis dan akuntansi, serta mampu mengembangkan pengetahuan yang ia dimiliki dengan melakukan penelitian. Di dalam penelitian ini variabel yang digunakan yaitu kinerja dosen, work family conflict, dan motivasi. Teori yang digunakan yaitu behavior constraint theory yang dikemukakan oleh Fisher (1984) yang berpendapat bahwa stimulasi yang berlebih atau tidak diinginkan yang akan mendorong terjadinya hambatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengumpulkan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner. Kuisioner disebarkan kepada dosen akuntansi perempuan di seluruh Perguruaan Tinggi di Kota Bengkulu. Untuk menentukan sampel menggunakan metode sampel jenuh atau sensus. Kriteria yang ditentukan adalah dosen akuntansi perempuan yang sudah menikah. Jumlah kuisioner yang disebarkan yaitu sebanyak 34 kuisioner, tetapi hanya 31 kuisioner yang dapat digunakan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS Statistic. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan work-family conflict dan motivasi terhadap kinerja dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) work family conflict berpengaruh negatif terhadap kinerja dosen, dan (2) motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja dosen. Secara praktis, penelitian ini diharapkan memberikan pengetahuan dalam menciptakan kebijakan dan lingkungan kerja yang mendukung bagi dosen perempuan, serta pemberian motivasi yang efektif dalam meningkatkan kinerja dosen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Jul 2024 09:23
Last Modified: 26 Jul 2024 09:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19192

Actions (login required)

View Item View Item