PENGARUH MATURITAS UTANG, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2019)

Anggi Safitri, Nadiya and Madani, Hatta and Fachruzzaman, Fachruzzaman (2021) PENGARUH MATURITAS UTANG, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI __Nadiya Anggi Safitri_C1C017089.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti secara empiris pengaruh maturitas utang, kepemilikan institusional, dan kepemilikan asing terhadap konservatisme akuntansi. Dalam penelitian ini, konservatisme akuntansi diukur menggunakan proksi market to book ratio (MTB). Maturitas utang diukur menggunakan rasio utang jangka pendek per total utang. Kepemilikan institusional dibagi menjadi kepemilikan institusional aktif dan kepemilikan institusional pasif. Kepemilikan institusional aktif ditandai dengan adanya perwakilan investor institusional di dewan direksi perusahaan dan kepemilikan institusional pasif ditandai dengan tidak adanya perwakilan investor institusional di dewan direksi perusahaan. Penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan program SPSS versi 22. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015 2019. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 175 observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel maturitas utang tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi, variabel kepemilikan institusional baik kepemilikan institusional aktif maupun kepemilikan institusional pasif berpengaruh positif terhadap konservatisme akuntansi, dan variabel kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi, sementara variabel kontrol ukuran perusahaan (size) berpengaruh positif terhadap konservatisme akuntansi dan leverage berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan informasi teoritis mengenai agency theory terkait kepemilikan institusional yang tinggi baik kepemilikan institusional aktif maupun kepemilikan institusional pasif dapat meminimalisasi konflik agensi dan berdampak dengan meningkatnya penerapan konservatisme akuntansi dalam pelaporan keuangan perusahaan dan memberikan pertimbangan bagi kreditur dan investor dalam membuat keputusan kredit dan keputusan investasi pada perusahaan yang menerapkan konservatisme akuntansi dalam pelaporan keuangannya. Keterbatasan penelitian ini adalah data yang digunakan masih mengalami masalah normalitas dan heteroskedastisitas meskipun sudah dilakukan upaya perbaikan, sehingga tidak mampu memenuhi asumsi klasik secara keseluruhan. Saran bagi penelitian selanjutnya agar data yang digunakan dapat memenuhi asumsi klasik dapat memodifikasi model penelitian dan menggunakan proksi pengukuran yang tepat untuk setiap variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Jul 2024 09:46
Last Modified: 26 Jul 2024 09:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19193

Actions (login required)

View Item View Item