ANALISIS KEPUASAN KLAIMEN ATAS PELAYANAN SANTUNAN ASURANSI KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN DI PT. JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG BENGKULU

HARDIYANTO, MARCHEL and Djonet, Santoso and Yorry, Hardayani (2019) ANALISIS KEPUASAN KLAIMEN ATAS PELAYANAN SANTUNAN ASURANSI KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN DI PT. JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pelayanan merupakan tugas utama yang hakiki dari sosok aparatur, sebagai abdi Negara dan dimasyarakat dalam hal ini adalah pelayanan yang diberikan oleh PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Bengkulu.Tujuan dilakukannya penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan klaimen atas pelayanan santunan asuransi kecelakaan lalu lintas jalan di PT. Jasa Raharja (Persero ) Cabang Bengkulu.Penulis memilih menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode statistik deskriftif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran kuisioner. Hal ini dilakukan dilapangan atau lokasi penelitian.Penelitian ini mengambil sampel dari seluruh populasi klaimen pada tahun 2017 khusus Kota Bengkulu sebanyak 57 orang.Indikator penelitian ini terdiri dari Tangibel, Reliability, Responsivennes, Assurance, dan Emphaty terhadap klaimen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan klaimen atas pelayanan santunan asuransi kecelakaan lalu lintas jalan di PT. Jasa Raharja (Persero ) Cabang Bengkulu, sama sekali tidak menunjukan perbedaan yang beragam didasarkan pada tingkat pendidikan, jenis kelamin, dan usia. Kecenderungan kepuasan klaimen atas indikator Tangibel (Sarana Fisik) dengan persentase sebesar 94% puas, Reliability (Kehandalan) dengan persentase sebesar 60% puas, Responsivennes (Ketanggapan) dengan persentase sebesar 58% cukup, Assurance (Jaminan) dengan persentase sebesar 56% cukup, dan Emphaty (Empati ) dengan persentase sebesar 53% cukup. Secara umum tingkat kepuasan klaimen atas pelayanan santunan kecelakaan lalu lintas jalan di PT. Jasa Raharja (Persero ) Cabang Bengkulu merasa puas, bagi pegawai Jasa Raharja diharapkan tetap menjaga kualitas pelayanan yang di berikan dan dapat meningkatkan nya lagi serta diharapkan PT. Jasa Raharja (Persero ) Cabang Bengkulu terus dan lebih giat lagi untuk mempublikasikan tentang Jasa Raharja dan menginformasikan lagi persyaratan dan proses untuk mengajukan santuanan asuransi kecelakaan lalu lintas jalan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:33
Last Modified: 19 Sep 2019 04:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19206

Actions (login required)

View Item View Item