PENGARUH PEMBERIAN DOSIS DOLOMIT DAN DOSIS PUPUK P TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI EDAMAME (Glycine Max (L.) Merril) DI LAHAN RAWA

Yesmon, Napitupulu and Atra, Romeida and Hesti, Pujiwati. (2022) PENGARUH PEMBERIAN DOSIS DOLOMIT DAN DOSIS PUPUK P TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI EDAMAME (Glycine Max (L.) Merril) DI LAHAN RAWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI - Yesmon Napitupulu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Edamame merupakan jenis kacang-kacangan yang bijinya lebih besar dan rasa lebih manis. Kedelai edamame memiliki peluang pasar yang cukup besar namun tingkat produksinya di Indonesia hanya mencapai 7,5 ton ha-1 . Untuk meningkatkan poduksi kedelai Edamame dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan rawa dengan pemberian dosis dolomit dan dosis pupuk P. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan interaksi terbaik antara dosis dolomit dan dosis pupuk P, menentukan dosis dolomit yang terbaik, menentukan dosis pupuk P yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai edamame. Penelitian ini menggunakan RAKL Faktorial dengan dua faktor, faktor pertama terdiri dari 4 taraf dosis dolomit yaitu 0 x Aldd, 0,5 x Aldd, 1 x Aldd, dan 1,5 x Aldd, faktor kedua terdiri dari 4 taraf dosis pupuk P yaitu 0 ton/ha, 50 kg/ha, 100 kg/ha, 150 kg/ha. Dari kedua faktor tersebut dikombinasikan sehingga didapat 16 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali maka didapat 48 unit percobaan. Setiap petakan ditanami kedelai edamame sebanyak 25 tanaman dan 5 tanaman sampel. Berdasarkan hasil penelitiaan ini, diperoleh bahwa kombinasi antara dosis dolomit dengan dosis pupuk P memberikan pengaruh tidak nyata terhadap seluruh variabel pengamatan. Sedangkan pemberian dosis dolomit memberikan pengaruh nyata pada variabel pengamatan jumlah polong dan jumlah bintil akar, dan pemberian dosis pupuk P memberikan pengaruh tidak nyata pada semua variabel pengamatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:28
Last Modified: 29 Jul 2024 03:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19208

Actions (login required)

View Item View Item