PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYUSUNAN RPJMDES PERIODE 2016-2021 (STUDI PADA DESA TABA JAMBU KECAMATAN PONDOK KUBANG KABUPATEN BENGKULU TENGAH)

Br Ketaren, Nina Pebry Ani and Budiyono, Budiyono and Yorry, Hardayani (2019) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYUSUNAN RPJMDES PERIODE 2016-2021 (STUDI PADA DESA TABA JAMBU KECAMATAN PONDOK KUBANG KABUPATEN BENGKULU TENGAH). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
PDF Skripsi NINA.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Desa harus memiliki rencana pembangunan yang akan dijadikan sebagai pedoman pembangunan desa. Undang-undang Desa Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Desa dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES) menjadi pedoman dalam penyusunan rencana pembangunan desa. Berdasarkan pada konsep partisipasi masyarakat dan Penyusunan RPJMDES tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menggambarkan bagaimana partisipasi masyarakat dalam Penyusunan RPJMDES Desa Taba Jambu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui Wawancara,Observasi dan Dokumentasi. Teknik anallisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisi kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dengan tiga tahap yaitu, Reduksi Data, Penyajian Data dan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat Desa Taba Jambu dalam Penyusunan RPJMDES Periode 2016-2021 memiliki karakteristik beragam yang disebabkan oleh adanya kesempatan dari Pemerintah Desa dan kemauan dari Masyarakat untuk terlibat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan partisipasi masyarakat di Desa Taba Jambu masih ditemui beberapa kekurangan yaitu, terdapat beberapa masyarakat yang tidak menggunakan kesempatan yang sudah diberikan Aparat Desa dalam menghadiri maupun memberikan usulan terkait forum musyawarah yang telah diselenggarakan Pemerintahan Desa karena anggapan bahwa mereka tidak wajib terlibat dalam kegiatan tersebut dan beberapa masyarakat mengaku tidak mendapat pemberitahuan terkait pelaksanaan kegiatan Penyusunan RPJMDES. Oleh sebab itu partisipasi masyarakat di Desa Taba Jambu masih belum dapat dikategorikan sebagai Citizen control yaitu tingkatan partisipasi tertinggi dalam tangga partisipasi Arnstain.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 19 Sep 2019 06:38
Last Modified: 19 Sep 2019 06:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19220

Actions (login required)

View Item View Item