STUDI DESKRIPTIF STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 04 KOTA BENGKULU

Handayani, Wari and Resnani, Resnani and Pebrian, Tarmizi (2022) STUDI DESKRIPTIF STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 04 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
WARI HANDAYANI (A1G017111) PGSD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan karakter tanggung jawab peserta didik di kelas V SD Negeri 04 Kota Bengkulu.Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas V di SDN 04 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan obserasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui Data Colection, Data Reducation, Data Display, Consclusion Drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa1) Guru menciptakan suasana yang nyaman, menerima peserta didik sebagaimana adanya, serta menghargai segenap potensi yang mereka miliki;2) Guru telah mengingatkan bahwa melakukan sesuatu itu tidak hanya semata-mata karena prinsip timbal balik; 3) Guru menciptakan hubungan yang baik. 4) Guru melakukan kegiatan pembiasaan. Guru kelas V telah melaksanakan keempat strategi tersebut dalam penanaman pendidikan karakter tanggung jawab di sekolah, baik dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Guru kelas V secara konsisten menerapkan aspek-aspek tanggung jawab tersebut dalam keseharian terutama di lingkungan sekolah untuk memberikan sosok model ideal bagi peserta didik untuk pertumbuhan karakter tanggung jawab peserta didik. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:26
Last Modified: 30 Jul 2024 04:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19234

Actions (login required)

View Item View Item