POLA KEAGENAN PENYEDIA JASA ONLINE MAKANAN DALAM LAYANAN KOMBIKU FOOD ANTARA CV KOMBIKU DENGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MAKANAN DI KOTA PADANG PANJANG

Talitha, Fatin Burairah Yunis and Ganefi, Ganefi and Wafiya, Wafiya (2024) POLA KEAGENAN PENYEDIA JASA ONLINE MAKANAN DALAM LAYANAN KOMBIKU FOOD ANTARA CV KOMBIKU DENGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MAKANAN DI KOTA PADANG PANJANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI Talitha Fatin Burairah Yunis B1A020047 - talitha fatin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Dalam perjanjian antara CV Kombiku dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) makanan terdapat beberapa permasalahan yang terjadi, seperti pemilik tidak memberi tahu kepada admin kombiku terkait perubahan harga dan jadwal operasional, serta pemilik tidak memprioritaskan driver kombiku ketika terjadi antrean. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perjanjian pola keagenan antara CV Kombiku dengan UMKM makanan dalam layanan Kombiku Food dan untuk mengidentifikasi faktor penyebab wanprestasi dalam perjanjian antara CV Kombiku dan UMKM makanan dalam layanan Kombiku Food, dengan menggunakan metode penelitian empiris. Berdasarkan hasil penelitian, perjanjian pola keagenan penyedia jasa online makanan dalam layanan Kombiku Food antara CV Kombiku dengan UMKM makanan di Kota Padang Panjang terjadi ketika pihak UMKM makanan mengisi formulir online yang telah disediakan oleh CV Kombiku, pihak UMKM wajib memberi informasi terkait perubahan harga dan jadwal operasional, serta memprioritaskan driver Kombiku Food, namun seringkali pihak UMKM makanan wanprestasi, faktor penyebab wanprestasi dikarenakan beberapa hal seperti pemilik tidak berada di resto, karyawan tidak mengetahui isi perjanjian, dan pemilik atau karyawan lupa, permasalahan ini dapat diselesaikan dengan cara pemilik menegur karyawan, karyawan mengingatkan bahwa aplikasi Kombiku berada pada Device milik pemilik resto, admin Kombiku menegur pihak UMKM, Driver Kombiku Food melaporkan kepada admin Kombiku, dan konsumen dapat memilih untuk melanjutkan pesanan atau tidak ketika mendapatkan informasi terkait perubahan harga atau jadwal dari Driver Kombiku Food. Kata Kunci: CV Kombiku, UMKM, Kombiku Food

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:28
Last Modified: 31 Jul 2024 04:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19250

Actions (login required)

View Item View Item