PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III C SDN 52 KOTA BENGKULU

Sari, Efria and Herman, Lusa and Pebrian, Tarmizi (2022) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III C SDN 52 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Efria fix cetak 1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa kelas III C SDN 52 Kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 1 kali pertemuan setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III C SDN 52 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes yang meliputi kegiatan observasi dan dokumentasi. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini adalah pada observasi yang dilakukan pada siklus I, seluruh aspek kegiatan yang dinilai dilakukan oleh guru dengan cukup baik. Pada kegiatan pendahuluan atau pembuka, hampir seluruh kegiatan dilakukan dengan sangat baik, namun terdapat beberapa poin aspek yang masih belum maksimal keterlaksanaannya. Pada observasi yang dilakukan siklus II ini, seluruh aspek kegiatan yang dinilai dilakukan oleh guru sudah sangat baik, meskipun masih ada beberapa poin yang masih sedikit belum maksimal. Aktivitas peserta didik pada siklus I mendapatkan rata-rata skor 19.5 dengan kategori baik, pada siklus II mendapat rata-rata skor 22 dengan kategori sangat baik. Prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai presentase ketuntasan klasikal 76.92% kemudian meningkat pada siklus II yaitu presentase ketuntasan klasikal mencapai 92.31% Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual Youtube dapat meningkatkan , aktivitas siswa, dan prestasi belajar siswa kelas III C SDN 52 Kota Bengkulu. Saran yang diusulkan peneliti adalah guru hendaknya melakukan pembelajaran yang inovatif dan menarik misalnya dengan menerapkan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual Youtube ketika mengajar. Kata kunci: Audio Visual; Youtube; Tematik; Pembelajaran; Make a Match

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:00
Last Modified: 31 Jul 2024 08:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19259

Actions (login required)

View Item View Item