ANALISA LAPORAN KEUANGAN DAN ECONOMIC VALUE ADDED TERHADAP RETURN SAHAM AKIBAT EFEK COVID-19 (studi pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2017-2020)

Monalisa, Riska and Nurna, Aziza and Fenny, Marietza (2021) ANALISA LAPORAN KEUANGAN DAN ECONOMIC VALUE ADDED TERHADAP RETURN SAHAM AKIBAT EFEK COVID-19 (studi pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2017-2020). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RISKA MONALISA (C1C017032).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran analisa laporan keuangan yang diproksikan oleh rasio-rasio dan Economic Value Added terhadap return saham akibat efek Covid-19 agar investor dapat terhindar dari kesalahan dalam berinvestasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2017-2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan yang diperoleh dari situs web Bursa Efek Indonesia, dan data saham perusahaan melalui situs web saham. Metode pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Ada 54 sampel dengan 216 pengamatan yang memenuhi kriteria untuk menjadi sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan pendekatan regresi menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil empiris dari penelitian ini menunjukkan bahwa rasio likuiditas, rasio profitabilitas, dan rasio aktivitas tidak mempengaruhi return saham, sedangkan rasio solvabilitas dan Eonomic Value Added secara signifikan mempengaruhi return saham. Implikasi dari penelitian ini memberikan informasi teoritis mengenai teori yang digunakan yaitu signaling theory, sebagai literature untuk penelitian yang akan datang dan sebagai bahan pertimbangan regulator pada saat membuat kebijakan dalam berinvestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:19
Last Modified: 31 Jul 2024 08:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19263

Actions (login required)

View Item View Item