PENGARUH KEPUASAN KOMPENSASI, PENGENDALIAN INTERNAL, MORALITAS APARAT dan KOMPETENSI TERHADAP FRAUD pada PENGELOLAAN DANA DESA

Varensi, Villy and Fadli, Fadli and Abdullah, Abdullah (2021) PENGARUH KEPUASAN KOMPENSASI, PENGENDALIAN INTERNAL, MORALITAS APARAT dan KOMPETENSI TERHADAP FRAUD pada PENGELOLAAN DANA DESA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
file skripsi villy varensi (C1C017138).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kepuasan kompensasi, pengendalian internal, moralitas aparat dan kompetensi terhadap fraud pada pengelolaan dana desa. penelitian ini dilakukan di kabupaten Bengkulu Utara dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu convenience sampling yakni berdasarkan ketersedian elemen dan kemudahan untuk mendapatkannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada perangkat desa yang menjabat sebagai kepala desa, sekretaris desa, kepala urusan keuangan, dan kepala urusan perencanaan di kabupaten Bengkulu Utara dengan sampel sebanyak 92 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kepuasan kompensasi berpengaruh negatif terhadap fraud pada pengelolaan dana desa (2) Pengendalian internal berpengaruh negatif terhadap fraud pada pengelolaan dana desa (3) Moralitas aparat berpengaruh negatif terhadap fraud pada pengelolaan dana desa (4) Kompetensi aparatur berpengaruh positif terhadap fraud pada pengelolaan dana desa . Implikasi dari penelitian ini yaitu (1) secara praktis diharapkan dapat membantu memberikan informasi untuk pemerintah desa dan sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti pengaruh kepuasan kompensasi, pengendalian internal, moralitas aparat, dan kompetensi terhadap fraud pada pengelolaan dana desa. (2) secara teoritis berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel yang mengkonfirmasi atau mendukung teori fraud hexagon yaitu variabel kepuasan kompensasi, pengendalian internal, moralitas aparat, dan kompetensi. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini yakni belum tercapainya keseluruhan sampel dari pemerintah desa yang ada di kabupaten Bengkulu Utara karena peneliti hanya meneliti di tiga kecamatan yang terkena fraud saja dan hanya mengukur beberapa variabel dari fraud hexagon dan tidak mengukur indikator terbaru seperti ego dan kolusi yang diduga juga mempengaruhi fraud di pemerintah desa. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan bagi peneliti selanjutnya, untuk memperluas populasi agar mendapatkan sampel yang lebih maksimal serta diharapkan bisa menambahkan indikator lain seperti ego dan kolusi yang diduga dapat mempengaruhi fraud untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 31 Jul 2024 09:14
Last Modified: 31 Jul 2024 09:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19273

Actions (login required)

View Item View Item