HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN LABA DAN SIKLUS HIDUP PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)

Yustisio, Yudho and Pratana, P. Midiastuti and Fahruzzaman, Fahruzzaman (2021) HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN LABA DAN SIKLUS HIDUP PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI YUDHO YUSTISIO 11-11-2021 (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris mengenai hubungan antara manajemen laba dan siklus hidup perusahaan. Manajemen laba dalam penelitian ini diukur dengan discretionary accruals menggunakan Model Jones Dimodifikasi. Siklus hidup perusahaan diproksikan dengan berdasarkan pola arus kas. Sampel penelitian perusahaan non-keuangan yang terdaftar BEI tahun 2015-2019. Metode pemilihan sampel adalah metode Purposive Sampling yang keseluruhan berjumlah 565 observasi. Hasil menunjukkan bahwa adanya perbedaan manajemen laba antara tahap growth dan introduction, mature dan growth, shake-out dan mature. Namun, tidak adanya perbedaan manajemen laba antara tahap decline dan shake-out. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu, informasi yang didapatkan mengenai hasil penelitian terdahulu yang digunakan sebagai acuan dan referensi mengenai perbedaan manajemen laba antara tahap-tahap siklus hidup perusahaan hanya sedikit yang dapat ditemukan. Kemudian, dalam penelitian ini data observasi yang diuji menunjukkan hasil penelitian distribusi data tidak normal. Sehingga uji beda independent-t test harus diganti dengan uji analisis non parametrik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 31 Jul 2024 09:18
Last Modified: 31 Jul 2024 09:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19274

Actions (login required)

View Item View Item