STUDI DESKRIPTIF FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR SISWA PASCA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V A SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU

Forniati,, Iyud and Osa, Juarsa and Sri, Dadi (2022) STUDI DESKRIPTIF FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR SISWA PASCA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V A SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Iyud Forniati-A1G018092.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa pasca pembelajaran daring di kelas V A SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah wali kelas dan siswa kelas V A yang prestasi belajarnya rendah berjumlah 7 orang serta orang tua dari siswa tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengam observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner/angket. Analisis data menggunakan teknik analisis konsep Miles dan Huberman. Uji kredibilitas data adalah triangulasi sumber, teknik, dan campuran serta member check. Hasil penelitian ini yaitu adanya faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa pasca pembelajaran daring di kelas V A, terutama pada pelajaran matematika dan IPA. Faktor-faktor tersebut terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor yang berasal dari dalam siswa meliputi dua aspek, yakni aspek fisiologis dan aspek psikologis. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar siswa meliputi dua aspek, yakni faktor lingkungan sosial dan faktor lingkungan nonsosial. Serta adanya kendala dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor internal yang memiliki andil besar dalam prestasi belajar siswa yaitu kondisi fisik dan inteligensi siswa, sedangkan faktor eksternal yang memiliki andil besar yaitu lingkungan sosial di sekolah serta alat-alat belajar, juga adanya kendala dan upaya yang telah dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci: prestasi belajar, faktor internal, faktor eksternal, siswa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:31
Last Modified: 01 Aug 2024 03:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19286

Actions (login required)

View Item View Item