PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SDN 097 BENGKULU UTARA)

Pratiwi, Rahayu and Sri, Dadi and Dwi, Anggraini (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SDN 097 BENGKULU UTARA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Rahayu Pratiwi_PGSD_ Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 097 Bengkulu Utara dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media puzzle. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian berjumlah 18 siswa dengan 11 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes serta menggunakan rumus skor rata-rata, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan rentang nilai untuk setiap kriteria data. Data tes dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata- rata dan persentase pembelajaran klasikal. Rata-rata hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media puzzle siklus I adalah 43,75 kategori cukup dan meningkat menjadi 69,5 kategori sangat baik. Rata-rata hasil sikap tanggung jawab siklus I sebesar 8,5 dalam kategori cukup dan meningkat menjadi 14,09 kategori sangat baik. Hasil belajar mata pelajaran PPKn rata-rata siklus I adalah 69,72 dengan ketuntasan klasikal 55,55% dan meningkat menjadi 74,67 dengan ketuntasan klasikal 88,89% pada siklus II. Hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I rata-rata 69,36 dengan ketuntasan klasikal 61,11% dan meningkat menjadi 76,67 dengan ketuntasan klasikal 88,89% pada siklus II. Hasil belajar mata pelajaran IPS siklus I rata-rata 70,61 dengan ketuntasan klasikal 55,55% dan meningkat menjadi 76,25 dengan ketuntasan klasikal 94,44% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media puzzle dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture, Media Puzzle, Tanggung Jawab, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:50
Last Modified: 01 Aug 2024 03:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19294

Actions (login required)

View Item View Item