STUDI DESKRIPTIF NILAI-NILAI MORAL DALAM CERITA RAKYAT BENGKULU LEGENDA ULAR N’DAUNG

Amelia, Rica and Abdul, Muktadir and Pebrian, Tarmizi (2022) STUDI DESKRIPTIF NILAI-NILAI MORAL DALAM CERITA RAKYAT BENGKULU LEGENDA ULAR N’DAUNG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RICA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan nilai moral yang terkandung dalam cerita rakyat Bengkulu tentang Legenda Ular N‟Daung. Nilai moral tersebut dideskripsikan oleh sikap dan perilaku maupun perbuatan tokoh pada masing- masing tokoh dalam cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif analisis. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dan tabel inikator beserta deskripsi nilai. Teknik analisis data menggunakan analisis isi/dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen.Hasil penelitian ini menunjukkan dalam cerita rakyat Bengkulu Legenda Ular N‟Daung terdapat (a) nilai hubungan manusia dengan diri sendiri, (b) nilai hubungan manusia dengan manusia lain, (c) hubungan manusia dengan Tuhan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan adanya temuan nilai moral dalam cerita rakyat Bengkulu legenda Ular N‟Daung diantaranya Nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri berupa bertekad kuat, pemberani, jujur, murah hati, sabar, dan tepat janji. Nilai moral hubungan manusia dengan manusia lain berupa penolong, rasa keterbukaan, rasa iri, rasa kasih sayang. Hubungan manusia dengan Tuhan berupa Tuhan maha pemberi balasan. Kata kunci : Cerita Rakyat, Nilai-nilai Moral, Legenda Ular N’Daung

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:03
Last Modified: 01 Aug 2024 04:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19297

Actions (login required)

View Item View Item