PELAKSANAAN TUGAS PEJABAT PEMBUAT KOMITMEDALAM PENGADAAN BARANG DAN JASA PAMERINTAHDI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KOTA BENGKULUBERDASARKAN PERUNDANG-UNDANGAN BIDANGPENGADAAN BARANG DAN JASA PAMERINTAH

AKHMAD, ATMAJA and Iskandar, Iskandar and M.Yamani, Yamani (2024) PELAKSANAAN TUGAS PEJABAT PEMBUAT KOMITMEDALAM PENGADAAN BARANG DAN JASA PAMERINTAHDI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KOTA BENGKULUBERDASARKAN PERUNDANG-UNDANGAN BIDANGPENGADAAN BARANG DAN JASA PAMERINTAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS AKHMAD ATMAJA - library unib.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pengadaan barang dan jasa merupakan suatu kegiatan yang rutin dilakukan pada setiap instansi Pamerintah. Kegiatan ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan barang dan jasa pada instansi Pamerintah, dalam proses pengadaan ini terdapat berbagai pihak yang terlibat sebagai pelaku pengadaan barang dan jasa salah satunya adalah Pejabat Pembuat Komitmen di Lembaga Pemasyarakatan Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis dan mendiskripsikan Pelaksanaan Tugas Pejabat Pembuat Komitmen serta hambatan dalam Pengadaan Barang dan Jasa Pamerintah di Lembaga Pemasyarakatan yang ada di Kota Bengkulu berdasarkan ketentuan perundang-undangan bidang pengadaan barang dan jasa pamerintah. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini menggunakan metode analisis yuridis kualitatif , yaitu dengan menganalisa data primer, sekunder dan tersier. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan tugas Pejabat Pembuat Komitmen dalam pengadaan barang dan jasa terdapat permasalahan masih terjadinya revisi belanja barang maupun modal, temuan kerugian terhadap belanja barang, kesalahan administrasi proses pengadaan barang dan jasa serta kendala pengadaan barang dan jasa yaitu, revisi belanja barang atau belanja modal tidak sesuai perencanaan dan rencana Anggaran yang disusun, masih terdapatnya temuan terhadap kerugian negara terhadap pengadaan barang dan jasa tahun sebelumnya, kesalahan administrasi dan analisa spesifikasi teknis kegiatan pengadaan jasa baik secara tender, pengadaan langsung dan katalog, mekanisme proses penyajian laporan penyusunan Laporan Pertanggung-jawaban belanja belum mengikuti standar ketentuan yang ditetapkan serta rangkap jabatan PPK oleh KPA. Kata Kunci: Pengadaan Barang dan Jasa, Pejabat Pembuat Komitmen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Hukum
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:54
Last Modified: 01 Aug 2024 07:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19326

Actions (login required)

View Item View Item