PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KONTEKSTUAL PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 & 4 DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Islamiati, Islamiati and Sri, Dadi and Feri, Noperman (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KONTEKSTUAL PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 & 4 DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ISLAMIATI (A1G017065) PGSD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar pembelajaran tematik berbasis kontekstual pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 3 & 4 di kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan modifikasi 4-D (Four D Model). Namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tiga tahap, yaitu tahap Pendefinisian (Define), tahap Perancangan (Design), dan tahap Pengembangan (Develop). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 82 Kota Bengkulu dan SD Negeri 15 Kota Bengkulu dengan jumlah 4 orang guru dan peserta didik berjumlah 8 orang yg heterogen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengolah data berupa catatan, saran atau komentar hasil validasi ahli, angket tanggapan guru dan peserta didik serta analisis kuantitatif dengan mengolah data berupa skor dari hasil penilaian validasi ahli, angket tanggapan guru, dan peserta didik. Hasil pengembangan ini adalah bahan ajar pembelajaran tematik berbasis kontekstual yang layak digunakan. Kelayakan bahan ajar dihasilkan dari validasi ahli materi mendapatkan rata-rata skor 94,16 dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli desain mendapatkan skor rata-rata 93,3 dengan kriteria sangat valid. Validasi bahasa pada mendapatkan skor rata-rata 91,66 dengan kriteria sangat valid, tanggapan guru mendapatkan skor rata-rata sebesar 85,20, dan hasil tanggapan peserta didik mendapatkan skor rata-rata 86,87 dengan kategori sangat baik serta hasil uji coba memperoleh rentang nilai 0,7 dengan kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar pembelajaran tematik berbasis kontekstual pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 3 & 4 di kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan layak untuk digunakan. Kata Kunci : Bahan Ajar, Pembelajaran Tematik, Kontekstual, Keragaman

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:54
Last Modified: 01 Aug 2024 07:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19331

Actions (login required)

View Item View Item