PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS I KOTA BENGKULU

Fitri, Layla Kurnia and Victoria, Karjiyati and Herman, Lusa (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS I KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LAYLA KURNIA FITRI PGSD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SDN Gugus I Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posstest control group desagn. Populasi dalam penelitian ini adalah beberapa SD yang ada di Gugus I Kota Bengkulu yang berakreditasi A dan diperolehlah SDN 02 Kota Bengkulu dan SDN 09 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini kelas V A dari SDN 02 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen, dan kelas VB dari SDN 02 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes dilaksanakan dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji-t didapatkan nilai thitung (4,21) dan nilai ttabel (1,66) pada taraf signifikan 5%, secara statistik terlihat thitung (4,21) > ttabel (1,66), maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terdapat hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus I Kota Bengkulu. Kata Kunci: Pengaruh, Discovery Learning, Media Manipulatif, Hasil Belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:01
Last Modified: 01 Aug 2024 08:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19334

Actions (login required)

View Item View Item