PEMANFAATAN GADGET DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI KELAS IVB SD 01 KOTA BENGKULU

Junesta, Lesty and Osa, Juarsa and Irfan, Gustian (2022) PEMANFAATAN GADGET DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI KELAS IVB SD 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LESTY JUNESTA (A1G018124)-PGSD (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan gadget dalam pembelajaran tatap muka di kelas IVB SDN 01 Kota Bengkulu. Adapun tujuan khusus nya: 1) Untuk mendeskripsikan guru merancang pembelajaran dengan memanfaatkan gadget sebagai media dan sumber belajar, 2) Untuk mendeskripsikan guru menyiapkan alat-alat yang diperlukan untuk memanfaatkan gadget dalam pembelajaran, 3) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan memanfaatkan gadget. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IVB dan siswa kelas IVB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan:1) Pada kurikulum merdeka guru tidak lagi merancang perangkat pembelajaran secara keseluruhan karena sudah tersedia dan di fasilitasi oleh Menteri Pendidikan, guru hanya memilih beberapa RPP yang dibutuhkan kemudian di kembangkan sesuai kebutuhan siswa yang telah tersedia oleh pemerintah tersebut. Sementara untuk pemanfaatan gadget disesuaikan dengan materi ajar. 2) Untuk ketersediaan alat sudah difasilitasi oleh sekolah seperti laptop, cas laptop, printer, modem, speaker, proyektor, mouse dan layar proyektor. 3) Pelaksanaan kegiatan pada kegiatan pendahuluan guru telah menyiapkan siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti guru sudah menyampaikan cakupan materi, mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. Pada kegiatan penutup guru sudah memberikan refleksi dan mengevaluasi pembelajaran berlangsung serta menjelaskan materi pada pertemuan selanjutnya. Kesimpulan penelitian ini adalah pemanfaatan gadget dalam pembelajaran tatap muka di SDN 01 kelas IVB Kota Bengkulu sudah berjalan dengan mempergunakan kurikulum merdeka dan alat-alat yang dibutuhkan mencakup laptop, cas laptop, printer, modem, speaker, proyektor, mouse dan layar proyektor. Kata Kunci: Gadget, Pembelajaran, pembelajaran tatap muka

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:04
Last Modified: 01 Aug 2024 08:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19336

Actions (login required)

View Item View Item