ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA SEKTOR INDUSTRI BESAR DAN SEDANG (IBS) DI PULAU SUMATERA PERIODE 2013-2019

Nurhaini, Nurhaini and Izharuddin, Izharuddin and Eka, Dewi Anggraini (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA SEKTOR INDUSTRI BESAR DAN SEDANG (IBS) DI PULAU SUMATERA PERIODE 2013-2019. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI. RIA NADRA SARI (C1A017037).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada sektor industri besar dan sedang (IBS) di Pulau Sumatera. Untuk mengetahui hal tersebut penelitian ini dilihat dari dua variabel independen dimana jumlah unit usaha IBS (X1) dan upah minimum provinsi (X2), Sementara variabel dependent penyerapan tenaga kerja disektor IBS di Pulau Sumatera (Y). Berdasarkan sumber dari BPS menyatakan dimana jika jumlah unit usaha bertambah maka tenaga kerja yang diserap perusahaan akan bertambah, hal tersebut berbanding terbalik dengan keaadan yang ada dimana jumlah unit usaha IBS di Sumatera selalu meningkat sementara jumlah tenaga kerja yang diserap mengalami fluktuasi. Sementara berdasarkan teori klasik di buku Sumarsono (2009) jika upah minimum provinsi naik maka akan mengurangi jumlah tenaga kerja yang diserap perusahaan, hal tersebut karena jika upah meningkat maka perusahaan harus meningkatkan jumlah outputnya yang mana untuk meningkatkan output membutuhkan biaya produksi sehingga untuk melakukan efisiensi perusahaan akan mengurangi jumlah tenaga kerjanya. Dimana hal tersebut juga berbanding terbalik dengan kondisi yang ada dimana upah minimum provinsi selalu meningkat namun penyerapan tenaga kerja mengalami fluktuasi bahkan cenderung meningkat. Dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi data panel. Data bersumber dari BPS, data time series mulai dari tahun 2013-2019 dan data cross section berupa 10 provinsi di Pulau Sumatera. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah unit usaha (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada sektor IBS di Pulau Sumatera. Dapat diartikan bahwa setiap terjadi penambahan jumlah unit usaha IBS maka akan menyebabkan penambahan penyerapan tenaga kerja di sektor IBS di Pulau Sumatera. Sementara UMP (X2) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di sektor IBS Pulau Sumatera. Yang artinya meskipun nilai upah minimum provinsi terus meningkat tetap saja tidak akan memiliki pengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada sektor IBS di Pulau Sumatera.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:06
Last Modified: 01 Aug 2024 08:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19337

Actions (login required)

View Item View Item